Senin, 03 Juni 2013

8 Danau Berwarna Pink


Ada yang masih ingat lagu KLA Project yang lariknya seperti ini, Bulan merah jambu luruh di kotamu ?... Ya, mungkin dalam lagu "Tak Bisa ke Lain Hati" terlalu puitis, bahkan sekarang terdengar lebay, sejak kapan bulan berwarna pink?

Namun, hasil kreasi alam di bumi ini ada kok yang berwarna pink, seperti 8 danau di bawah ini. Danau yang berwarna-warni, termasuk juga danau pink terjadi karena alga yang menghasilkan carotenoids (pigmen), seperti contohnya alga Dunaliella salina. Kadar garam pada danau juga ikut memengaruhi warna danau. Di bumi kita, setidaknya ada 8 lokasi yang tercatat. Kita simak daftarnya di bawah  ini.


1. Lake Hillier, Australia
Danau pink yang sangat indah ini lokasinya di Middle Island, Australia Barat. Panjangnya sekitar 600 meter.
2. Lake Retba, Senegal
Lake Retba terletak di Cap Vert peninsula, timur laut Dakar. Danau ini juga memiliki kadar garam yang sangat tinggi seperti di Laut mati.
3. Salina de Torrevieja, Spanyol
Danau pink di Spanyol ini menjadi danau garam terbesar di benua Eropa. Dengan kandungan garam yang tinggi seperti danau di Senegal dan Laut Mati di Israel, danau Salina de Torrevieja ini sering dikunjungi wisatawan. Mandi di danau ini sehat bagi kulit dan paru-paru. WHO pun mengakuinya sebagai salah satu lokasi paling sehat di Eropa.

4. Hutt Lagoon, Australia
Cukup mudah mengunjungi danau pink Hutt Lagoon ini, karena ada kota kecil Gregory yang terletak antara danau dan lautan. Danau ini cukup panjang yakni 14 km.

5. Dusty Rose Lake, Canada
Danau pink ini berlokasi di Britiash Columbia, Kanada. Yang unik, di danau ini justru tak mengandung garam sama sekali serta alga  Dunaliella salina, nyatanya tetap berwarna pink. Menurut para ahli, warna di danau ini terjadi karena komposisi unik kandungan zat pada bebatuan di dalamnya.
6. Pink Lake, Australia
Pink Lake yang satu ini juga ada di Benua Kangguru tepatnya Goldfields-Esperance, Australia Barat. Tempat ini juga sebagai reservasi burung-burung. Birdlife International menobatkannya sebagai Important Bird Area (IBA).

7. Masazirgol, Azerbaijan
Sebagai danau pink dengan kandungan garam yang sangat tinggi, Masazir Lake di Qarada raion ini dimanfaatkan oleh petani garam setempat. Diperkirakan garam yang terkandung di dalamnya sebanyak 1.735 juta ton siap untuk ditambang.




8. Field of Pink Lakes, Australia
Tampaknya Australia paling banyak memiliki danau pink di dunia. Yang terakhir ini paling unik, yaitu sekumpulan danau pink yang tersebar sehingga dijuluki ladang danau pink. Lokasinya ada di antara Esperance dan Caiguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"