Jumat, 18 Januari 2013

5 Manfaat Makan Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Sarapan pagi adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan tubuh. Sesibuknya apapun penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi dapat terpenuhi sepanjang hari. makan sarapan pagi memberi modal energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Selain memberi kekuatan energi pada tubuh, makan sarapan pagi banyak memiliki manfaat lain untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh.
 
 Berikut beberapa manfaat dari sarapan pagi untuk kesehatan tubuh.

1.Sarapan pagi dapat memberi kekuatan metabolisme sepanjang malam  
 
Sarapan makan pagi dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula yang diserap dari karbohidrat yang di makan. Di pagi hari tidak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh turun ketingkat yang paling rendah. Saat itu tubuh mengganti dan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver.

2.Sarapan pagi dapat menambah essensial nutrisi dan tingkat keseluruhan energi

Sarapan menyediakan proporsi significan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari, dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat dalam sayuran. Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.

3.Sarapan pagi dapat untuk menurunan berat badan
Selama tidur 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan  sepanjang malam, dan di pagi hari perut kosong  terasa lapar  sehingga menimbulkan nafsu makan. sarapan makan pagi dapat memberi peningkatan metabolisme sehingga sarapan dengan makanan sehat  seperti sayuran, telor, susu akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh  dan bisa menurunkan berat badan ,lebih jauh sarapan dapat meningkatkan tingkat energi Anda sebagaimana metabolisme sepanjang hari.


4.Sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi
 
Sarapan memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga agar tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan.

5.Sarapan pagi dapat mengontrol makan berlebihan
 
Sarapan dengan baik akan menjaga dari rasa lapar berlebih di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat meninggalkan sarapan,  akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Demikian tips manfaat sarapan makan pagi untuk kesehatan tubuh, biasakan sarapan agar terhindar dari penyakit



BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"