Senin, 22 Juli 2013

Waspadalah, Makanan Kadaluarsa Dapat Menyebabkan Kematian

Waspadalah, Makanan Kedaluarsa Bisa Sebabkan Kematian
Kemungkinan maraknya menyebarnya makanan kedaluarsa harus diantisipasi pihak pemerintah dan aparat kemananan.

Praktisi Kesehatan Masyarakat dan Ahli Gizi dari Universitas Indonesia, Wahyu Kurnia Yusin Putra menjelaskan, penyebaran makanan kedaluarsa menjelang lebaran sudah terpola.

''Menjelang lebaran memang selalu begitu,'' katanya, Ahad (30/6).

Pemerintah, BPOM, dan aparat keamanan harus lebih teliti jika melakukan razia. Razia tidak saja dilakukan di pasar dan minimarket, tapi di tempat kios kecil yang memungkinkan terjadinya penipuan makanan kadaluarsa.

Wahyu mengatakan, ketelitian sangat perlu karena dalam banyak kasus, tanggal kadaluarsa masih tetap tapi bahan makanan di dalamnya sudah kadaluarsa.

''Ada proses 'pembaruan kaleng' yang tidak diiringi dengan pembaruan makanan,'' katanya.

Menurut Wahyu, ini jelas merugikan masyarakat. Dalam makanan kadaluarsa terdapat banyak zat dan bakteri yang membahayakan masyarakat.

Efeknya yang ditimbulkan akibat makanan kadaluarsa tersebut mulai dari mual, pusing, diare, ''Sampai kepada kematian,'' katanya.

Wahyu menjelaskan, dalam makanan kaleng yang kadaluarsa khusunya, ada semacam bakteri bernama 'Clostridium Botulinum'. Dengan bakteri ini sedikit saja, bisa memungkinan kematian bagi orang.

Wahyu mengatakan, bakteri ini banyak mendiami makanan berkaleng yang sudah kadaluarsa. Menurut Wahyu, makanan kadalursa tersebut adalah makanan yang sudah melewati patokan tanggal layak konsumsi.

Jika sudah melewati, kelayakannya sudah hilang, dan akan muncul sisi keberbahayaannya. ''Kalau sudah kadaluarsa di jual lagi, sangat berbahaya bagi manusia,'' katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"