Selasa, 23 Juli 2013

Bugar Selama Puasa

Di antara kiat menjaga kebugaran saat puasa yang ditulis Prof. Dr. H. Hardiansyah, MS, dalam buku Powerful Shaum adalah menguatkan niat, mengakhirkan sahur, menyegerakan berbuka, dan istirahat. Kita bisa menambahkan satu lagi yaitu olahraga.

Olahraga saat puasa selain menjaga metabolisme dan kebugaran tubuh, juga mampu menjaga berat badan tetap ideal. Tujuan olahraga saat puasa adalah memelihara kebugaran tubuh, dan bukan untuk meningkatkannya. Maka sebaiknya , tidak terlalu berlebihan dari gerakan, durasi, maupun frekuensi.
Olahraga saat puasa ideal dilakukan sebelum berbuka atau 2-3 jam sesudah berbuka. Meski ada yang melakukan setelah shalat subuh. Contoh olahraga ringan yang bisa kita lakukan selama puasa adalah jogging, bersepeda atau melakukan peregangan tubuh. Waktunya , cukup 15-30 menit setiap hari. Adapun frekuensinya bisa disesuaikan dengan kebiasaan kita. Jika biasanya 4 kali dalam satu minggu, bisa dikurangi menjadi 2 kali.

Puasa tidak boleh membuat kita malas bergerak, karena jika malas-malasan , tubuh justru terasa lemas. Sebaliknya , olahraga yang cukup dapat mengubah lemak menjadi glukosa dalam darah sehingga meningkatkan kadar gula. Lunglai dan ngantuk hilang, tubuh lebih segar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"