Senin, 22 Juli 2013

Sensasi Berenang Dikelilingi Ikan Hiu Paus

Ini bukan uji nyali. Melainkan pemandangan yang bisa Anda ditemui di sebuah pantai di Cancun, Meksiko.

Sebanyak 1.400 hiu paus bermigrasi melalui perairan hangat di pesisir Cancun antara pertengahan Mei hingga pertengahan September setiap tahun. Spesies ikan terbesar itu mencari plankton di Semenanjung Yucatan.

Kehadiran hiu paus ini pun menarik perhatian para wisatawan. Dengan menggunakan peralatan snorkeling, beberapa di antaranya berenang bersama hiu paus yang panjangnya bisa mencapai 15 meter.

"Berenang dengan ikan terbesar di dunia ini tentu sesuatu yang unik. Mereka tidak akan menyakiti Anda. Mereka mengurusi ursannya sendiri, hanya makan sendiri," kata Kenneth Johnson, seorang ahli biologi kelautan yang juga menjalankan perusahaan EcoColors seperti dilansir kantor berita Reuters.

"Mereka tidak peduli jika Anda berenang bersama mereka dan jika Anda kebetulan berada di depan mereka, mereka hanya akan berbalik dan pergi ke arah lain," ujarnya menambahkan.

Hiu paus yang dijuluki "domino" karena bintik di tubuh mereka, selalu mendatangi daerah pesisir Cancun. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga bisa ditemukan di dekat Isla Mujeres, sebuah pulau yang bejarak 12,8 Km dari Cancun.

Hiu Paus ini juga bisa ditemukan di dekat Australia, Indonesia, dan Afrika Selatan. Namun menurut Smithsonian Conservation Biology Institute, agrerasi terbesar hiu paus berada di lepas pantai Isla Mujeres.

Berenang Dikelilingi Ratusan Hiu Paus
Sebanyak 50 kapal membawa wisatawan berpetualang ke wisata Blue Watres selama musim hiu paus di Meksiko. Jika cuaca memungkinkan, para wisatawan bisa berenang dengan dikelilingi 100-200 hiu paus.

"Ini pengalaman yang sangat berbeda. Jika jika Anda akan berada di Cancun selama musim hiu paus, pergi tamasya adalah suatu kerharusan," ujar Direktur Komunikasi Pemasaran JW dan CasaMagna Marriott resort, Marina Colunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"