Minggu, 12 Mei 2013

10 Universitas Terbaik di Dunia

Ranking Web of Universities atau singkatnya Webometrics Ranking adalah sebuah web yang berisikan atas daftar peringkat universitas terbaik dari berbagai negara. Di antara daftar tersebut, ada juga peringkat universitas terbaik di dunia dan uniknya semua universitas tersebut ada di Amerika serta salah satu universitas ini adalah alma mater pendiri Google dan Yahoo!, berikut daftarnya.

10. University of Minnesota
Universitas Dunia Minnesota
Universitas Minnesota, Twin Cities (U of M) adalah universitas negeri yang berlokasikan di Minneapolis dan St. Paul, Minnesota, Amerika. Merupakan kampus tertua dan terbesar dalam sistem universitas Minnesota dan mempunyai 6 organisasi mahasiswa terbesar di Amerika.
Universitas ini sering masuk dalam peringkat 1000 dunia terkait dengan survey intenasional mengenai universitas dan institusi, pada tahu 2012 ia berada di peringkat 29. Universitas ini juga sering dikenal dalam memenangkan Minnesota Golden Gophers dan ikut serta dalam kompetisi Big Ten Conference, sebuah divisi konferensi atletik tertua di Amerika.

9. Cornell University
Universitas Cornell
Universitas Cornell adalah universitas riset swasta Amerika yang berlokasikan di Ithaca, New York, United States. Didirikan pada tahun 1865 oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White, universitas ini dimaksudkan untuk mengajarkan dalam bidang pengetahuan klasik untuk ilmu pengetahuan, baik secara teori maupun praktikal. Adapun perkataan popular Ezra Cornell pada tahu 1865, yang menjadi kutipan umum, yakni: 
"Saya ingin mendirikan sebuah institusi dimana setiap orang akan mendapatkan instruksi dalam bidang studi apapun."
Sejak pendiriannya, Cornell telah menjadi institusi dimana menwarkan admisi yang terlepas dari agama atau ras. Cornell memiliki alumni lebih dar 245.000, 31 mahasiswa Beasiswa Marshall, 28 penghargaan Rhodes, dan 41 pemenang Nobel.
8. Columbia University New York
Universitas Dunia Kolombia
Universitas Kolombia di Kota New York dikenal juga dengan nama Universitas Kolombia, adalah universitas riset swasta Amerika di kota New York. Merupakan intitusi pembelajaran tingkat lanjut tertua di New Yrok dan 5 tertua di Amerika. Sekarang ini, Universitas Kolombia telah mengoperasikan Pusat Global Kolombia di berbagai negara seperti Amman, Beijing, Instanbul, Paris, Mumbai, Santiago, dan Nairobi.
Universitas ini setiap tahunnya menyelenggarakan penghargaan Pultizer dan sering juga memenangkan penghargaan nobel. Merupakan universitas pertama yang memberikan gelar dokter dalam bidang pengobatan (M.D.).
Alumni dari universitas ini mencakup 9 Mahkamah Agung Amerika, 20 milyuner, 26 pemenang penghargaan akademik, 29 kepala negara, mencakup 3 presiden Amerika.

7. University of California Berkeley
Universitas Berkeley California
University of California, Berkeley (dikenal juga sebagai UC Berkeley, Berkeley, California, atau hanya Cal) adalah universitas riset negeri yang berlokasikan di Berkeley, California, Amerika. Universitas ini memiliki luas sekitar 1.200 hektar pada sebelah timur pelabuhan San Fransisco dengan kampus utama berluaskan 178 hektar. Berkeley adalah salah satu universitas negeri di Amerika yang sangat ketat dalam seleksinya.
Fakultas, Alumni dan peneliti Berkeley telah memenangkan sekitar 71 penghargaan Nobel, 9 Penghargaan Wolf, 7 Medali, 15 Penghargaan Turing, 45 Penghargaan MacArthur Fellowships, 20 Penghargaan Akademik dan 11 Penghargaan Pulitzer. Peneliti UC Berkeley telah menemukan 6 elemen kmia dari tabel periodik dan Laboratorium Berkeley telah menemukan 16 elemen kimia yang dimana jika ditotalkan maka lebih banyak dari universitas lain.

6. University of California Los Angeles (UCLA)
World University UCLA
Universitas of California, Los Angeles, singkatnya UCLA adalah universitas riset negeri yang berlokasikan di Westwood Los Angeles, California, Amerika. Merupakan kampus tertua kedua dari 10 kampus di sistem universitas California. UCLA adalah universitas dengan permintaan pendaftaran terbesar di California dan merupakan salah satu universitas terpopular di Amerika.
Beberapa pemenang penghargaan Nobel, satu medali dan 2 penghargaan Turing berasal dari universitas ini atas fakultas, riset dan alumninya. Universitas ini sendiri telah terpilih menjadi asosiasi universitas Amerika pada tahun 1974.

5. University of Pennsylvania
Universitas Dunia Pennsylvania
Sering disebut dengan nama Penn atau UPenn, Universitas Pennsylvania adalah Universitas riset swasta yang berlokasikan di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika. Penn dipertimbangkan sebagai institusi ke-4 (empat) tertua untuk studi tingkat lanjut di Amerika, juga merupakan universitas pertama di Amerika dengan studi pascasarjana dan sarjana.
Benjamin Franklin, salah satu pendiri Amerika juga adalah pendiri Universitas Pennsylvania ini, mengutamakan studi yang berfokus pada edukasi praktik untuk ekonomi dan layanan publik. Universitas ini juga dikenal sebagai rumah dari inovasi studi lainnya, salah satunya adalah sekolah pengobatan pertama di Amerika Utara dan masih banyak lainnya.
Universitas ini dikenal dengan sekolah pengobatan, bisnis, hukum, komunikasi, perawatan, dokter hewan, program kemanusiaan dan ilmu sosial dan juga kemampuan risetnya. Salah satu kualitas akademik yang dikenal di universitas ini adalah karena program sarjana gabungan, pusat riset, kampus tersatu dan kemampuannya agar para mahasiswanya dapat mengambil kelas dimanapun di sekolah Pennsylvania.

4. University of Michigan
Universitas Michigan Dunia
Universitas Michigan, memiliki banyak sebutan seperti UM, U-M, atau U of M, juga sering disebut Michigan, adalah universitas riset negeri yang berlokasikan di Ann Arbor, Michigan, Amerika. Merupakan universitas negeri tertua untuk skala nasional. Sering berada di 5 teratas universitas riset terbaik di Amerika, dan 20 universitas terbaik di dunia. U-M juga mempunyai kampus satelit di Flint dan Dearborn.
Michigan juga mempunyai salah satu group alumni terbesar, dengan total lebih ari 500.000 (lima ratus ribu). Universias ini mempuyai aktivitas riset yang sangat tinggi dan selalu menawarkan para lulusannya untuk studi tingkat lanjut dalam bidang kemanusian, ilmu sosial, pengobatan, hukum dan STEM (Science,Technology, Engineering, and Mathematics).

3. Massachusetts Institute of Technologi (MIT)
Universitas Dunia MIT
Lebih sering didengar dengan singkatannya, MIT (Massachussetts Institute of Technology) merupakan universitas riset swasta yang berlokasikan di Cambridge, Massachusetts, Amerika. MIT mempunyai 5 sekolah dan 1 universias, bertotalkan 32 departemen akademik. Seperti namanya, universitas ini sangat spesialis di bidang ilmiah, engineering dan ilmu serta riset teknologi.
Didirikan pada tahun 1861 sebagai respon atas permintaan industrialisasi di Amerika, MIT telah menghasilkan lebih dari 6.500 lulusan mahasiswa dan telah mempekerjakan 1.000 staf. 78 telah menerima penghargaan Nobel, 52 Medali Nasional, 45 penghargaan Rhodes dan 38 penghargaan MacArthur Fellows.
MIT memiliki penekanan tinggi atas budaya kewiraswastaan.pendepatan keseluruhan dari perusahaan yang didirkan oleh alumni MIT telah memiliki peringkat 11 ekonomi terbesar di dunia.

2. Stanford University
Universitas Stanford
Universitas Stanford, atau lengkapnya Leland Stanford Junior University adalah sebuah universitas riset swasta yang berlokasikan di Stanfrod, Californmia dengan luas sekitar 8.180 hektar. Terletak di barat laut Silicon Valley dan 20 mil barat laut San Jose serta 37 mil tenggara San Fransisco. Stanford dipertimbangkan sebagai salah satu universitas paling elit di Amerika dan dunia.
Sejak tahun 1952, 54 fakultas, staf dan alumni Universitas Stanford telah memenangkan penghargaan Nobel. Stanford juga mempunyai jumlah terbesar dalam "Penghargaan Nobel untuk Ilmu Komputer". Stanford adalah alma mater atau universitas asal 30 milyuner, 17 astronot dan 1 anggota kongres Amerika. Lulusannya telah banyak mendirikan perusahaan-perusahaan ternama seperti Google, Hewleet-Packard (HP), Nike, Sun Microsystems dan Yahoo!.
Bagi Anda yang mengenal Martin Luther King Jr. , pembela hak asasi Afrika-Amerika dan merupakan seorang pendeta, aktivis serta pemimpin yang telah mencantumkan namanya dalam sejarah, Universitas Stanford adalah rumah dari paper-paper Martin Luther King Jr.

1. Harvard University
Universitas Dunia Harvard
Universitas Havard adalah universitas swasta yang berlokasikan di Cambridge, Massachusetts, United States. Didirikan pada tahun 1636, Harvard adalah institusi untuk pembelajaran tingkat atas yang paling tua di America. Sejarah Harvard, pengaruh dan kekayaannya telah membuatnya menjadi salah satu universitas paling elit di dunia. Asal mula nama universitas ini didapatkan dari nama donaturnya, John Havard.
8 presiden Amerika merupakan lulusan dari universitas ini, dan 75 penerima penghargaan Nobel merupakan mahasiswa, fakultas atau staf pada universitas ini. Harvard juga adalah universitas asal dari 62 milyuner. Perpustakaan Universitas Harvard adalah perpustakaan akademis paling besar di Amerika dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"