Selasa, 14 Mei 2013

10 Tips untuk Menurunkan Berat Badan

BU&M~Memiliki tubuh yang ideal merupakan idaman bagi setiap wanita. Tetapi hal ini tidak terbatas kepada wanita saja, Berat badan yang ideal juga dimiliki pria. Oleh karena itu ada banyak sekali cara dan tips untuk diet atau menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sendiri bukanlah hal yang mudah, Anda membutuhkan motivasi dan tekad yang cukup kuat untuk benar-benar mempraktekkannya.  


1. Buatlah Komitmen ke Diri Anda Sendiri
komitmen terhadap diri sendiri
Hal yang paling pertama dan terpenting adalah komitmen Anda ke diri Anda sendiri. Jika Anda tidak memiliki komitmen ke diri Anda sendiri, maka cara diet apapun yang Anda coba tidak akan dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Putuskanlah bahwa ini merupakan hal yang benar-benar ingin Anda lakukan dan jadikanlah itu sebuah janji yang harus ditepati diri Anda sendiri.

2. Jangan Lupa untuk Sarapan
jangan lupa sarapan
Mungkin Anda berpikir bahwa diet yang baik berarti Anda hanya makan sedikit. Ini adalah asumsi yang salah, hal ini justru akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh Anda, dan malah akan menyebabkan Anda makan banyak di siang hari. Makanlah sebuah sereal gandum dengan buah dan susu rendah lemak untuk memberikan nutrisi bagi tubuh Anda.
Setidaknya jika Anda benar-benar ingin diet dengan makan sedikit, makanlah makanan seperti buah-buahan atau sayuran daripada Anda tidak makan sama sekali.

3. Olahraga
olahraga ringan jalan kaki
Tentu untuk menurunkan berat badan, olahraga merupakan cara yang sudah pasti. Bagaimana jika Anda sibuk? Olahraga di gym terlalu mahal? Jika itu semua merupakan halangan bagi Anda, ada cara olahraga efektif yang tidak membutuhkan waktu banyak dan murah, yakni dengan berjalan kaki, berlari, jogging atau bersepeda.
Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk dengan jadwal ketat, lakukanlah salah satu kegiatan ini setidaknya 10 menit setiap harinya. Untuk jalan kaki, efektifnya adalah 20-30 menit setiap harinya. Yang penting adalah Anda harus menjadi lebih aktif dan menggerakan tubuh Anda.

4. Lihat Kebiasaan Makan Anda
lihat kebiasaan makan Anda
Anda sudah melakukan berbagai tips untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak ada yang membuahkan hasil. Hal ini mungkin disebabkan bukan karena caranya yang salah, tetapi kebiasaan makan Anda yang salah.
beberapa contoh kebiasaan makan yang buruk adalah makan snack di malam hari sesudah makan malam, makan secara terus menerus selagi memasak, pada saat pergi keluar makan selalu tergoda untuk mencoba snack atau makanan lain walaupun Anda sudah makan. Anda juga harus memperhatikan untuk tidak selalu meminum minuman atau makanan yang manis.

5. Jauhi Soda, Kopi dan Bir
jangan minum soda kopi bir
Jika kita sedang membicarakan kalori, maka ketiga hal ini merupakan hal yang harus dijauhi. Karena
soda, bir dan kopi ini biasanya diikuti dengan gula, dan mereka mengandung kalori yangcukup tinggi. Bahkan ada perhitungan yang mengatakan bahwa jika Anda meminum 1 hingga 2 gelas soda setiap hari, Anda dapat menaikkan berat badan Anda hingga 6 kg setiap tahunnnya.

Studi lain mengatakan bahwa sebenarnya bukan Soda, kopi atau bir yang membuat Anda gemuk, melainkan makanan yang mendampingi minuman ini-lah yang membuat Anda gemuk.

6. Kurangi cemilan
kurangi makan snack
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cemilan merupakan salah satu hal yang dapat membuat diet Anda sia-sia dan tidak membuahkan hasil. Jika Anda memang sudah terbiasa dengan mengemil maka jadikanlah cemilan tersebut sebuah makanan utama dan tidak makan lagi sehabis itu, tetapi ketahuilah bahwa cemilan yang Anda makan haruslah cemilan yang mengandung protein jika Anda ingin melakukan ini.
Jika tidak, makan janganlah mengemil dan makanlah secukupnya.

7. Ganti Makanan Anda dengan Makanan Sehat
makanan sehat
Mungkin tips-tips menurunkan berat badan yang sering Anda lihat menyarankan Anda untuk mengurangi porsi makan Anda sebanyak 10-20%. Hal tersebut tidak salah, tetapi dibandingkan melakukan itu lebih baik Anda makan porsi makan Anda biasanya, tetapi diganti dengan makanan yang lebih sehat.
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda dapat memakan makanan seperti buah-buahan, sayuran, jus buah, dan makanan apapun selama itu rendah kalori dan menyehatkan.
8. Lakukan Penimbangan Berat Badan Secara Berkala
Lakukan penimbangan berkala dan catat
Berdasarkan komitmen pada poin nomor 1 sebelumnya, Anda dapat membuat sebuah jadwal tujuan penurunan berat badan Anda. Tapi jadwal tersebut haruslah realistis. Jika Anda malas membuat jadwal tersebut, Anda dapat melakukan cara lain dengan menimbang berat badan Anda secara berkala dan catat berat badan Anda. Dari hal tersebut, lihatlah apakah tips diet yang Anda lakukan berhasil, jika tidak coba cek kembali apakah ada hal-hal lain yang membuat tips tersebut gagal, seperti makan di malam hari dan sejenisnya.
9. Temukan Teman
temukan teman diet
Terkadang cukup membosankan untuk berolahraga sendiri atau menurunkan berat badan tanpa ada yang memotivasi. Sebuah studi pada tahun 2005 membuktikan bahwa jika Anda memiliki teman yang memang sudah berhasil menurunkan berat badan, maka Anda akan lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dan cara-cara yang Anda gunakan-pun dapat dari saran teman Anda.
10. Jaga Motivasi
jaga motivasi diet
Walaupun Anda telah berhasil menurunkan berat badan, itu tidak berarti Anda boleh kembali berhura-hura dan tidak mempedulikan apa yang Anda makan. Hal ini-lah biasanya yang malah akan menaikkan berat badan Anda melebihi berat badan Anda sebelum Anda diet, walaupun Anda telah berhasil diet. Jagalah makanan dan hidup sehat yang telah berhasil dicapai.
Hal lain yang sering menggagalkan rencana menurunkan berat badan atau diet Anda adalah karena Anda tidak melihat buah dari diet Anda ini. Ketahuilah bahwa semua proses membutuhkan waktu, termasuk dalam menurunkan berat badan.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"