Sabtu, 05 Januari 2013

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Pohon kurma memang paling banyak terdapat di Arab, tetapi buahnya telah dikonsumsi oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Buah ini telah menjadi favorit karena rasanya yang manis dan mempunyai banyak khasiat. Kurma (Phoenix dactylifera) adalah buah yang dapat memberi manfaat bagi ibu hamil. Diantaranya adalah :
  • Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi, kurma sangat direkomendasikan, karena menurut para ahli gizi, adanya kandungan kalium dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  • Sumber tenaga bagi ibu hamil. Kandungan kalori yang tinggi dapat dijadikan sebagai penyumbang tenaga paling besar. Kandungan kalori dari 1 kg kurma sama dengan kandungan 1 kg daging. Namun, makanlah kurma secukupnya, karena jika terlalu banyak akan menguragi nafsu makan makanan yang lain.
  • Penelitian terbaru menyatakan bahwa kurma basah mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak otot rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika dipompa ke pembuluh nadi). Ini disebabkan kandungan gula dan mineral dalam kurma menjadi sumber tenaga bagi otot-otot rahim dan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah pada janin.
  • Mengecilkan rahim: di dalam kurma terdapat semacam hormon oksitosin yang berkhasiat mengecilkan pembuluh darah dalam rahim sehingga bisa membantu mengecilkan rahim usai persalinan sekaligus mencegah perdarahan pada rahim.
  • Memperlancar produksi Asi : Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat dalam kurma adalah pembentuk ASI yang terbaik. Dan kandungan inilah yang berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
  • Memulihkan tenaga setelah proses persalinan : di dalam kurma terdapat protein 1,8%-2%, serat 2-4%, glukosa 50-57%. Kandungan gula yang terdapat dalam kurma adalah jenis glukosa yang mudah diserap untuk tubuh sehingga aman untuk penderita diabetes.
  • Melancarkan BAB, karena tingginya kandungan serat pada buah ini, sehingga ibu hamil pun dapat memakannya untuk menjaga proses pencernaan agar tetap terjaga dengan baik untuk tetap dapat memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh ibu dan janinnya. Kelancaran BAB juga penting setelah persalinan, karena ibu hamil yang buang air besar dengan sulit akan membuat luka setelah persalinan yang lebih lama sembuh.
Itulah manfaat kurma, selain manis rasanya, berjuta khasiatnya juga dapat dirasakan oleh mereka yang mengonsumsinya, terutama ibu hamil. Selamat mencoba Bunda. Sumber!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"