Jumat, 04 Januari 2013

10 Negara Dengan Pencemaran Terbesar

1. Qatar
Emisi karbon per kapita Qatar merupakan yang tertinggi di dunia. Menurut laporan Living Planet, jika setiap manusia hidup seperti orang Qatar rata-rata, maka bumi akan kehabisan sumber dayanya hampir lima kali lebih cepat dari tingkat saat ini. Karena, para warga Qatar menggunakan sumber daya dari bumi lebih banyak 50 persen dari yang dapat diambil dari bumi dalam setahun. Dengan kata lain, mereka menggunakan sumber daya setara dengan 1,5 planet bumi per tahun. Diperkirakan pada tahun 2030, mereka akan menggunakan sumber daya setara dengan 2 planet bumi setiap tahunnya. Seperti yang dilansir sidetek.
 
Ketika para pemimpin dunia berkumpul di Rio de Janeiro pada Juni, “biokapasitas” planet, yaitu berapa banyak jumlah kehidupan yang dapat disokong oleh Bumi, akan menjadi topik diskusi. Dan data Global Footprint menunjukkan bahwa manusia di seluruh dunia menggunakan sumber daya lebih dari biokapasitas yang dapat menyokong kehidupan mereka.
 
Lalu mengapa Qatar masuk ke dalam daftar negara pengkonsumsi energi tertinggi? Perlu anda ketahui, minyak yang dipompa keluar dari negara padang pasir ini bukanlah faktor utama tingginya jumlah konsumsi energi negara (kecuali jika dalam keadaan terbakar), melainkan penggunaan energi dari gedung-gedung pencakar langit di negara Timur Tengah ini menjadikan Qatar sebagai negara pemakai energi tertinggi di dunia.
 
Dapat anda bayangkan, untuk menyediakan air bagi para warganya saja, Qatar sudah mengkonsumsi energi dalam jumlah yang sangat besar, karena kebanyakan air di Timur Tengah diproduksi dengan cara desalinasi air laut. Dan permintaan energi meningkat sebesar 7 persen per tahun untuk menjalankan desalinator dan AC untuk menyejukkan udara padang pasir serta peralatan produksi gas alam dan minyak bumi.
 
2. Kuwait
Seperti Qatar yang berada di dekatnya, harga bahan bakar di Kuwait termasuk dari harga bahan bakar yang paling rendah di dunia. Meskipun begitu, Pendapatan Domestik Bruto negara ini tetap termasuk yang tertinggi di dunia. Rendahnya harga bahan bakar ini, ditambah dengan kurangnya infrastruktur angkutan umum, membuat penggunaan kendaraan pribadi menjadi satu-satunya cara untuk mobilitas warganya. Menurut Global Footprint Network, warga Kuwait rata-rata menggunakan sumber daya 22 kali lebih besar dari yang dapat negara mereka sediakan per orang.
 
3. Uni Emirat Arab
Meskipun menjadi negara pengekspor minyak terbesar keempat dunia (di belakang Arab Saudi, Rusia, dan Iran), Uni Emirat Arab secara terbuka mendorong pembaharuan dari protokol Kyoto (persetujuan antara negara-negara industri untuk mengurangi emisi), mengumumkan rencana untuk meningkatkan produksi energi terbarukan, dan bahkan meluncurkan proyek energi surya sebesar 1 gigawatt.
Namun Dubai, kota berpenduduk 1,5 juta orang, dengan pusat perbelanjaan terbesar di dunia, dan sebuah resor ski indoor, saat ini mendapatkan semua kebutuhan energinya dari pembakaran gas alam, itulah sebabnya negara ini menempati urutan ketiga dalam

daftar ini.
4. Denmark
Kebutuhan lahan pertanian di Denmark jauh lebih tinggi dibanding negara manapun. Karena begitu banyaknya jumlah daging yang dimakan per kapita di Denmark, negara harus mengimpor sejumlah besar gandum, yang begitu banyaknya sehingga akan mengambil 2 hektar tanah per orang, atau 2,5 kali lebih banyak tanah yang dimiliki Denmark.
 
5. Amerika Serikat
Jika semua orang hidup seperti orang Amerika rata-rata, produksi tahunan sumber daya bumi sudah akan habis pada akhir bulan Maret. Orang-orang Amerika lebih menyukai bepergian dengan kendaraan pribadi dibanding menggunakan angkutan umum, dan meningkatnya kebutuhan energi dan bahan bakar semakin mempertinggi emisi karbon per kapita negara ini.
 
6. Belgia
Biokapasitas dari lahan pertanian Belgia sangat rendah, sehingga begitu banyak makanan yang harus diimpor. Ini menjelaskan peringkat tinggi Belgia dalam daftar ini.
 
7. Australia
Australia menghasilkan 28,1 ton karbon dioksida per orang, salah satu tingkat emisi karbon per kapita tertinggi di dunia. Selain itu, permintaan negara ini untuk kayu, makanan, dan penggunaan padang rumput setara dengan 7 hektar tanah per orang, hampir empat kali lebih besar dari jumlah rata-rata di seluruh dunia.
 
8. Kanada
Biokapasitas Kanada adalah 14,92 hektar per kapita, 5,5 kali dari jumlah rata-rata konsumsi global. Walaupun hanya memiliki sedikit sumber daya, kota-kota di Kanada membutuhkan energi dengan jumlah yang sangat besar. Negara ini menempati peringkat ketujuh emisi karbon dioksida per kapita tertinggi di dunia. Emisi gas rumah kaca total di Kanada naik 24 persen antara tahun 1990 dan 2008.
 
9. Belanda
Negara kecil, dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan luas lahan yang relatif sedikit untuk tanaman dan padang rumput, mengkonsumsi enam kali lebih banyak sumber daya (energi, makanan, dan banyak lagi) daripada yang mampu mereka hasilkan.
 
10. Irlandia
Pada tahun 2008, emisi gas rumah kaca Irlandia per kapita merupakan yang tertinggi kedua di Uni Eropa. Pertanian adalah sumber terbesar dari emisi ini, namun emisi dari kendaraan meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 1998.
Namun, telah terjadi perbaikan dalam beberapa tahun terakhir, tahun 2009 adalah tahun kedua berturut-turut di mana emisi transportasi menurun, dan peningkatan sumber energi terbarukan dalam awal tahun 2000-an menurunkan jumlah emisi dari sektor energi sebesar 10 persen pada 2009.(Sumber!)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"