Kamis, 28 Maret 2013

Gambar-Gambar Mengerikan Pada Bungkus Rokok Di Australia

Genderang Perang terhadap rokok rupanya sudah dibunyikan keras-keras oleh dunia, kampanye larangan merokok telah diberlakukan oleh banyak negara termasuk di Indonesia. Belakangan ini kita juga tidak pernah melihat iklan rokok di televisi, mungkin memang itu merupakan langkah pemerintah untuk menekan jumlah perokok yang terus bertambah di Indonesia. Bahkan di beberapa negara larangan merokok sudah sedemikian gencar dilakukan dengan cara memberikan sanksi kepada orang yang kedapatan merokok ditempat umum.

Upaya untuk membentuk opini mayrakat bahwa merokok dapat membahayakan bagi kesehatan manusiapun terus dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari pemasangan pesan di setiap bungkus rokok sampai peringatan hari tanpa rokok sedunia.

Australia telah menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan kemasan datar untuk rokok. Mulai bulan ini, semua logo perusahaan tembakau dan warna kemasan (yang menarik) akan dilarang dari bungkus  rokok, demikian BBC melaporkan.

Kemasan diganti dengan tampilan suram, sama, dengan warna coklat atau hijau, disertai dengan gambar anti-rokok yang mengerikan dan pesan akan bahaya rokok.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperbaiki kesehatan publik.
Perusahaan-perusahaan rokok di Australia gagal untuk menghentikan larangan itu di Pengadilan Tinggi pada Agustus lalu.

Biasanya, brand perusahaan tercetak besar pada kemasan rokok dan peringatan bahaya rokok hanya dicetak dalam kotak kecil, namun sekarang menjadi terbalik, satu-satunya konsesi untuk perusahaan tembakau adalah nama mereka dan nama varian merk mereka dicetak dalam tulisan kecil di kotak di bagian bawah kemasan.

"Ini adalah nafas terakhir bagi sebuah industri yang sedang sekarat," kata Menteri Kesehatan Australia Tanya Plibersek. Anne Jones, dari kelompok anti-merokok ASH (Action on Smoking and Health), sepakat.
"Kemasan datar telah membuat pribadi jauh dari bungkusan rokok," katanya.
Dengan "melucuti" warna dan logo-logo menarik yang biasanya terpampang di bungkusan rokok dan digantidengan pesan peringatan yang besar, diharapkan bisa mengurangi ketertarikan orang pada rokok.

Semoga Indonesia akan menempuh cara yang sama untuk semakin meengurangi jumlah perokok di Indonesia, walaupun ketika banyak pabrik rokok yang tutup tentu akan menjadi PR yang berat bagi pemerintah untuk menediakan lapangan kerja baru bagi karyawan pabrik rokok yang kena PHK. Hal tersebut di karenakan banyak warga di sentra rokok menggantungkan hidup mereka dari perusahaan tersebut, seperti di Kudus dan Malang. Nasib para Petani tembakau juga harus di fikirkan tentunya.

Berikut ini foto-foto bungkus rokok yang harus digunakan oleh Perusahaan rokok di Australia mulai bulan ini, coverna berubah sangat menakutkan bahkan juga menjijikkan membuat selera perokok akan turun.









BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"