Sabtu, 24 November 2012

5 Minuman Sehat Pembangkit Energi Setelah Olahraga

imgSaat kekurangan cairan, tubuh akan terasa lemas dan lelah. Kondisi ini umumnya terjadi setelah fitnes, olahraga, banyak berpikir atau dipenuhi dengan pekerjaan yang menguras pikiran dan tenaga. Ketika tubuh terasa tak bersemangat, cara cepat untuk mengembalikan tenaga biasanya dengan minum minuman energi.

Minuman ini umumnya dikemas dalam bentuk botol, effervescent atau bubuk di dalam sachet. Minuman energi memang bisa meningkatkan energi secara instan, tapi tinggi kalori, gula, pewarna buatan, perasa buatan serta kafein yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika dikonsumsi terus menerus dan secara berlebihan. Oleh karena itu, gantilah dengan minuman yang lebih sehat. Banyak minuman yang efektif meningkatkan energi namun tetap aman untuk dikonsumsi. Ini lima diantaranya, seperti dikutip dari Gal Time.

1. Air Putih
Kandungan kafein di dalam minuman energi bekerja sebagai diuretic; memicu hasrat ingin buang air kecil lebih sering. Akibatnya, tubuh akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh lesu dan lelah. Daripada minuman energi, lebih baik perbanyak minum air putih untuk membantu Anda lebih terjaga dan berenergi sepanjang hari.

2. Teh Hijau
Teh hijau juga minuman yang mengandung kafein, tapi dalam jumlah kecil; tak sebanyak minuman energi atau kopi. Kafein di dalam teh hijau bisa memberi tambahan tenaga saat dibutuhkan. Selain itu teh hijau juga lebih sehat karena tidak banyak mengalami proses pengolahan. Minuman yang bisa disajikan hangat maupun dingin ini juga merupakan sumber antioksidan alami yang bantu mencegah kanker, penyakit jantung dan syaraf.

3. Jus Beetroot
Bagi yang belum terbiasa meminumnya, jus beetroot mungkin akan terasa sedikit aneh. Tapi minuman ini sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang akibat banyaknya aktivitas. Beetroot merah merupakan sumber nitrat yang baik. Nitrat adalah suatu zat yang terbukti mampu meningkatkan energi dan tenaga.

4. Susu Cokelat
Cara paling cepat dan praktis untuk mengembalikan tenaga sekaligus mengenyangkan perut adalah susu cokelat. Minuman ini mengandung karbohidrat untuk pembentukan energi dengan cepat, serta protein agar energi dalam tubuh bertahan lama. Susu cokelat juga mengandung sedikit kafein yang membuat tubuh lebih segar dan bersemangat.

5. Air Lemon
Lemon kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perasan setengah jeruk lemon ke dalam segelas air hangat, bisa menghantarkan energi 'listrik' yang membuat tubuh lebih segar dan mata lebih 'melek'. Paling baik diminum setelah bangun tidur saat perut masih kosong. (wolipop.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"