Senin, 14 April 2014

Gejala Kanker Payudara Yang Dapat Dilihat Secara Fisik


Yang Anda tahu mungkin tanda kanker payudara adalah ketika ada benjolan yang muncul di payudara atau di ketiak. Namun, benjolan belum tentu menentukan bahwa ia bersifat gaanas atau tidak.

Andrew Putnam, direktur Program Palliative Care di Lombardi Comprehensive Cancer Center dan Georgetown University, mengatakan seperti dilansir MSN bahwa "terkadang benjolan kanker tertanam jauh di dalam jaringan payudara, dan saking padatnya, sampai tak terasa."

Sebenarnya sangat penting untuk mengamati beberapa gejala lain yang biasa ditemui pada penderita kanker payudara. Lima gejala lain yang kurang dikenal oleh wanita yang menunjukkan kanker payudara adalah sebagai berikut.

Gatal, sakit dan memerah

Gejala kanker payudara adalah ketika ada rasa panas ketika disentuh, dan payudara tersebut meradang. Dibandingkan kasus tumor payudara pada umumnya, gejala ini lebih menunjukkan sebuah peradangan yang disebabkan oleh kanker.

Payudara juga menjadi bengkak, sakit, kulitnya kemerahan dan bersisik. Dan apabila diperhatikan lebih lanjut, warnanya akan berubah jadi keunguan seperti memar.

Pada tahap selanjutnya, ia akan berlesung pipit atau berubah karakternya seperti kulit jeruk.

Rasa sakit ini mirip dengan nyeri saat PMS, namun, rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan tidak hilang hanya dalam beberapa hari. Sel kanker di dalam payudara akan cepat memblokir pembuluh darah yang memberi makanan pada kulit, inilah sebabnya terasa panas, dan meradang.

Nyeri punggung bagian atas

Biasanya spesialis tulang belakang akan terlebih dahulu mencari tanda-tanda tumor apabila seorang wanita mengalami keluhan nyeri punggung. Tentunya disesuaikan dulu dengan tanda lain akan kanker payudara. Namun, biasanya, rasa sakitnya berawal dari belakang bagian atas antara tulang belikat, nyeri otot tendon serta osteoarthritis tulang belakang.

Hal ini dapat terjadi karena tumor payudara berkembang dalam jaringan kelenjar payudara, yang menyebar ke seluruh area dada. Dan pertumbuhan tumor tersebut mendorong mundur ke arah tulang rusuk dan tulang belakang. Nyeri yang dihasilkan dapat dirasakan di punggung ketimbang di payudara.

Ngerinya lagi, kanker payudara ini dapat bermetastasis dan menjadi kanker tulang sekunder.

Perubahan puting

Gejala lain ditunjukkan lewat perubahan puting susu. Biasanya, puting susu sensitif akan sentuhan, namun saar mengalami kanker payudara kesensitifan ini menurun sangat drastis.

Kemudian biasanya kulit puting menjadi berkerak, bersisik dan meradang. Hal ini disebabkan karena sebagian tumor yang tumbuh menempel pada kulit sehingga menarik puting dan menyebabkan iritasi serta infeksi.

Perubahan bentuk payudara

Tidak semua tumor payudara ditandai dengan benjolan yang keras di payudara. Namun, biasanya bentuk payudara akan mengalami perubahan drastis. Payudara yang terkena kanker, bentuknya bisa lebih oval, atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi.

Perhatikan bentuk payudara Anda dengan seksama, kemudian coba lihat dari samping kanan dan kiri, apakah bentuknya sama?

Pembengkakan atau benjolan di ketiak

Kanker kelenjar getah bening biasanya ditunjukkan dengan rasa sakit di area leher dan tenggorokan. Namun, penyebaran pertama di awali dari ketiak.

Cairan limfatik, mengalir dari payudara sehingga ada benjolan yang terbentuk di area ketiak. Bahkan, ketika dirasakan dengan jemari Anda, Anda akan merasakan seperti ada benjolan yang keras dan melekat.

Hal ini bisa terjadi karena kelenjar getah bening di dalam ketiak sangat dekat areanya dengan payudara. Sehingga memberikan kemungkinan menunjukkan gejala kanker payudara.



SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"