Selasa, 23 Oktober 2012

Mau Kurus Tak Harus Susah!

Untuk mendapatkan berat badan ideal dan postur idaman memang dibutuhkan usaha yang keras, tetapi tidak berarti harus menyiksa diri. Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan, sehingga olahraga maupun program diet jadi tidak manusiawi.

Agar upaya menurunkan berat badan tetap menjadi sesuatu yang menyenangkan, tak ada salahnya menerapkan beberapa tips berikut ini seperti dirangkum detikHealth, Selasa (23/10/2012).
1. Tak seharusnya punggung tersiksa saat latihan perut
 

Meski ampuh mengencangkan perut, gerakan sit-up sering dikeluhkan karena memicu nyeri punggung. Gerakan ini memang tidak disarankan bagi pemula, karena butuh kekuatan otot yang besar untuk menghindari cedera tulang punggung. Ada banyak variasi gerakan yang lebih nyaman meski tak kalah ampuh meratakan perut, misalnya crounch, yakni mengangkat kaki dan bahu secara bersamaan dalam posisi berbaring.

2. Tenaga minimal tapi pembakaran maksimal

Banyak orang mengira makin banyak tenaga yang dikeluarkan maka pembakaran kalorinya juga lebih besar, lalu nekat jogging berjam-jam sampai ngos-ngosan. Tidak sepenuhnya salah, tetapi coba lakukan latihan berat dengan kekuatan maksimal selama beberapa menit saja. Penelitian membuktikan efeknya sama seperti latihan ketahanan selama berjam-jam.

3. Manfaatkan lemak baik

Mengurangi porsi makanan berlemak memang perlu dilakukan saat ingin menurunkan berat badan. Tetapi beberapa jenis lemak tetap dibutuhkan, misalnya asam lemak omega 3 seperti yang terkandung dalam minyak ikan. Bahkan lemak cokelat atau brown fat malah bisa membantu meningkatkan pembakaran lemak jahat yang bikin gemuk.

4. Nikmati prosesnya

Ketika seseorang mulai terpaku pada target, kadang hasil yang mengecewakan dalam jangka pendek bisa meruntuhkan semangat karena usahanya terkesan sia-sia. Begitu juga saat diet dan olahraga, kalau prosesnya tidak dinikmati maka akan cepat bosan. Sebaliknya kalau bisa merasakan manfaat diet dan olahraga, meski berat badan tidak turun hati tetap akan gembira dan sebagai bonusnya tidak gampang kena penyakit.

5. Tak perlu menahan lapar

Salah satu kesalahan saat diet adalah menghindari sarapan, dengan pertimbangan untuk mengurangi asupan kalori. Selain tidak efektif, cara ini hanya akan menyiksa diri karena tubuh akan kekurangan suplai energi hingga tiba waktunya makan siang. Yang perlu dilakukan sebenarnya adalah mengatur pola makan, bukan asal menguranginya saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"