Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Tepat Atasi Pegal Dan Penat

6e883cb723309582531c2d9a98d937e9_meja-kerja 
Meregangkan kaki di bawah meja kerja, mungkin salah satu cara yang sering Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pegal akibat bekerja seharian.

Rasa pegal kerap kali timbul akibat seringnya kita berada dalam satu posisi tertentu tanpa melakukan gerak yang lain. Hal ini sering terjadi pada pekerja kantoran yang bekerja di belakang meja selama 8 jam sehari. Padahal tidak sedikit orang yang bekerja lebih lama lantaran lembur.

Untuk mengatasi rasa pegal dan kepenatan ketika bekerja, ada beberapa tips yang mungkin dapat Anda praktikkan.

Pertama, pilih perangkat kerja yang nyaman. Misalnya saja kursi yang ergonomis agar dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedapat mungkin, berikan tempat yang luas di bawah meja kerja agar Anda lebih leluasa meletakkan kaki.

Kedua, bila memungkinkan cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sejenak setiap 1-2 jam. Setidaknya dengan cara ini tubuh dapat melakukan peregangan. Bila tak memungkinkan, regangkan kaki ke depan dan rentangkan tangan ke belakang agar tubuh dapat lebih santai. Gerakan ‘mematah-matahkan’ kepala juga dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa pegal di leher akibat seringnya Anda menatap ke monitor komputer.

Ketiga, perhatikan asupan makanan bagi tubuh Anda, Pastikan Anda makan tepat pada waktunya dengan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Beruntung dewasa ini telah tersedia suplemen makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral karena bisa jadi rasa pegal yang Anda rasakan akibat tubuh kekurangan Vitamin B1, B6 dan B12. Namun dengan tersedianya suplemen makanan, bukan berarti Anda dapat makan seenaknya tanpa memperhatikan pola makan yang benar.

Bila Anda masih merasa penat juga, bakarlah minyak beraroma seperti lavender sebagai aroma therapy di meja Anda untuk mengurangi pengaruh terhadap kondisi psikologis. Anda siap mencobanya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"