Selasa, 04 September 2012

11 Cara Atasi Masalah Dalam Pernikahan Jarak Jauh

img 
Belakangan ini semakin banyak pasangan suami-istri yang tinggal terpisah. Masalah pekerjaan atau pendidikan biasanya menjadi alasan utama mereka untuk jalani pernikahan jarak jauh.

Tentu saja menjalani pernikahan macam ini bukanlah hal yang mudah dan tidak sedikit pasangan yang akhirnya menyerah. Jika Anda dan suami merupakan salah satu pasangan yang melakukan pernikahan jarak jauh, ada baiknya jika mengikuti beberapa tips yang dikutip dari About ini, agar bisa mengatasi masalah serta hambatan yang diakibatkan oleh jarak.

1. Sama seperti pernikahan biasa, kunci utama untuk kehidupan pernikahan yang bahagia adalah komunikasi yang lancar dari kedua belah pihak. Usahakan agar komunikasi Anda dan pasangan selalu jujur dan terbuka setiap harinya.

2. Saling memiliki komitmen dan percaya seutuhnya bahwa pasangan Anda telah berkomitmen pada pernikahan adalah faktor yang tak kalah penting, terutama bagi pernikahan yang terpisahkan oleh jarak.

3. Pernikahan jarak jauh biasanya selalu dirudung masalah dan tak menutup kemungkinan untuk berakhir, jika Anda atau pasangan tidak saling memiliki kepercayaan yang tulus.

4. Meskipun terpisah, bukan berarti Anda tidak bisa memberi pasangan waktu romantis. Kirimi ia email, jurnal atau hadiah kecil yang membuat ia merasa spesial dan selalu memikirkan Anda.

5. Cobalah untuk saling berbagi cerita dan harapan mengenai perasaan Anda dan pasangan ketika sedang berjauhan. Lakukan hal yang sama ketika sedang bersama-sama. Bersikaplah jujur dengan kekhawatiran Anda, jika pasangan tak berada di sisi Anda.

6. Buatlah jurnal harian. Mungkin hal ini terdengar kekanak-kanakan, namun bagi sebagian pasangan hal ini justru bantu kehidupan pernikahan jarak jauh mereka lebih efektif. Kemampuan mencurahkan segala perasaan dengan menulis, terkadang bisa membuat seseorang jauh lebih jujur ketimbang berbicara langsung dengan pasangan.

7. Rencanakan kegiatan atau perjalanan bersama. Hidup terpisah tentu saja membuat pasangan merasa jenuh dan penuh tekanan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda dan suami merencankanan kegiatan bersama untuk meningkatkan keintiman.

8. Maksimalkan segala bentuk komunikasi mulai dari situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Skype atau email untuk mengirim kabar, ucapan penyemangat, kartu elektronik, puisi atau lagu favorit.

9. Sesekali, berikan kejutan pada pasangan dengan cara mengiriminya hadiah atau dengan tiba-tiba Anda datang ke tempatnya tanpa pemberitahuan sebelumnya.

10. Jangan menganggap bahwa pernikahan jarak jauh tidak akan berhasil dan selalu dibumbui dengan perselingkuhan. Tidak semua pernikahan jenis ini berakhir dengan rasa sakit hati. Komitmen dan kepercayaan adalah yang utama.

11. Hidup terpisah membuat Anda sulit berkomunikasi secara verbal, ada baiknya jika Anda memberikan emoticon saat mengirim pesan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan tone nada atau maksud pesan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"