Minggu, 10 Juni 2012

Inilah Manfaat Jambu Air dan Buah Apel

 
1. Manfaat Buah Jambu Air
Jambu air terlalu sering kita jumpai di daerah kita, jambu air biasanya di tanam di pekarangan rumah sebagai pohon peneduh dan juga sebagai buah yang dikonsimsi. Diperkirakan buah Jambu air berasal dari daratan asia, yaitu tepatnya berasal dari Cina dan Indonesia. Dari pertumbuhannya jambu air dapat dikatakan termasuk tumbuhan yang dapat tumbuh subur di daerah tropis. Kemudian lambat taun tanaman jambu air merambah ke Malaysia dan Pulau pulau pasifik. 

Taksonomi Jambu Air 

Kedudukan jambu air dalam sistematika (Taksonomi) tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut: 

Kingdom; Ok’ms’d (tumbuh-tumbuhan)
Divisis; Rodql’snogxs’ (tumbuhan berbiji)
Subdivisi; @mfhnrodql’d (berbiji tertutup)
Kelas; Chbnsxkdcnmd’d (biji berkeping dua)
Ordo; Lxqs’kdr
Famili; Lxqb’bd’d
Genus; Rxyxfhtl
Spesies; Dtfdmh’’pdt’

Jambu air yang paling banyak digemari masyarata adalah jenis rxyxfhtl r’l’q mfdmd’d karena memiliki rasa yang manis berbiji sedikit dan bahkan tidak berbiji, dagingnya padat dan tidak gembos serta kesat. 

Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang berbuah sepanjang tahun, ketinggiannya mencapai 10-15 meter. Berakar tambang, berwarna putih. Batangnya berdiameter 10-15 cm, tetapi ada juga yang mencapai 150 cm. bercabang banyak dan berbuah serta berdaun lebat. Bunga jambu air berwarna putih dan tumbuh pada ketiak daun. Bentuk buah elips, tirus sungsang, atau berbentuk lonceng. Berwarna merah jika sudah masak dan hijau ketika masih muda. 

Jambu air untuk memproduksi atau memperbanyak tanaman ini melalui dua cara; yaitu secara generatif dan vegetatif. Cara generatif yaitu dengan cara memperbanyak tanaman lewat biji. Cara penanaman vegetatif adalah memperbanyak tanaman dengan bagian bagian tertentu, misalnya cabang atau pucuk, dengan cara setek, cangkok, okulasi, dan enten.  

Manfaat Jambu Air

Pada umumnya jambu air dikonsumsi secara langsung, karena buahnya yang mengandung banyak kandungan air membuat buah ini segar untuk di konsumsi secara lansung. Selain dikonsumsi secara lansung buah jambu air juga bisa dibuat sirup, atau jus. 
Jambu air memiliki banyak kandungan, diantaranya:
Air (g); 87
Kalori (kal); 46
Protein (g); 0,6
Lemak (g); 0,3
Karbohidrat (g); 11,80
Kalsium (mg); 7,5
Fasfor (mg); 9
Besi (mg); 1,1
Vitamin C (mg); 5
Bagian yang dapat dimakan (%); 90

Jambu air juga dapat digunakan sebagai obat obatan, kandungan vitamin C dan protein nabati digunakan untuk mempercantik kulit dan membuat kulit agar lebih berseri. Kandungan air dalam jambu air juga dapat mengurangi efek samping stress, seperti kisut dibawah kelopak mata, kandungan serat yang tinggi membantu mempermudah pencernaan dan mencegah kanker usus. 

Jambu air juga dipercaya dapat memperlancar air seni (kencing). Selain itu jambu air digunakan untuk mengobati bengkat bengkat ringan di kai dan tangan dengan cara mengkompreskan irisan irisan jambu air di bagian yang sakit. 
 
2. Manfaat Buah Apel
Buah APEL, bulat, merah muda, dan ada yang hijau, dengan rasa yang manis dan asam menjadikan kita ketagihan sesudah mengkonsumsinya. Daerah yang terkenal dengan buah apelnya adalah kota/ kabupaten Malang. Di situ banyak sekali perkebunan apel, bahkan dijadikan kota wisata apel
 
Apel banyak tumbuh dan berkembang serta berbuah di daerah yang berhawa dingin. Makanya di Indonesia apel banyak yang berasal dari Kota Malang, karena hawa di sana lumayan dingin dan cocok untuk buah satu ini. Nama latin dari pohon apel ini adalah Malus domestica .

Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).

 
Buah apel telah menjadi makanan yang penting, khususnya di Asia, Eropa, Argentina, dan Amerika Serikat. Pertama kali buah apel masuk ke Benua Amerika dibawa oleh para kolonis pada abad ke-17. Dan kemudian di budidayakan di daerah yang berhawa dingin.

 
Apel, memiiki kandungan vitamin serta protein yang luar biasa, sehingga sangat baik untuk kesehatan, kandungan seratnya sangat baik untuk kita yang sedang melakukan diet. Mengkonsumsi buah apel pun sangat praktis, bisa langsung di makan, juga bisa diuat jus terlebih dahuu. Bahkan akhir akhir ini apel juga di buat sebagai kripik dan rasanya pun tidak kalah dengan yang langsung di konsumsi. 

 
Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain; kalsium, magnesium, potassium, zat besi dan zinc. Vitamin yang terdapat pada buah apel; Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B9 dan Vitamin C. 
 
Sedangkan manfaat buah apel itu sendiri adalah: 

 

Manfaat buah apel baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang

Manfaat buah apel baik untuk mengobati asma dan mencegah asma

Manfaat buah apel baik untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga bik untuk proses diet

Manfaat buah apel baik untuk pencegahan dari berbagai kanker

Manfaat buah apel mampu atasi diabetes anda

 
Kandungan dari buah buah alami sudah tidak diragukan, karena semua itu adalah karunia dariNya. Jadi mulai sekarang marilah kita biasakan hidup sehat dengan memperbanyak menkonsumsi buah buahan alami untuk menjaga tubuh kita agar tetap segar, sehat dan dapat beraktivitas seharian. 

 
Semoga ulasan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan semoga bisa menjadikan pola hidup sehat bagi yang membacanya (http://warst-manfaatbuah.blogspot.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"