Minggu, 10 Juni 2012

Ini Alasan Mengapa Bertengkar Bisa Buat Pernikahan Awet

img 
 Bertengkar dengan pasangan tidak selamanya buruk. Menurut pakar pernikahan, semakin jarang pasangan jarang bertengkar maka pernikahanya bisa dikatakan tidak stabil. Mengapa?

Penelitian dari India menjelaskan bahwa berdebat tiap seminggu sekali memiliki efek positif bagi kelanggengan pernikahan. Para peneliti menemukan, 44 persen pasangan menikah percaya bahwa pertengkaran dapat membantu menjaga agar 'jalur' komunikasi tetap efektif dan terbuka.
Hal ini pun diamini oleh dr. John Gottman, peneliti pernikahan dan parenting sekaligus psikolog dari University of Washington. Ia menemukan dalam penelitiannya, bahwa pernikahan yang kuat memerlukan beberapa energi negatif. Perang argumen sesekali dapat membuat hubungan pernikahan jadi dinamis dan tidak monoton.

Seberapa sering pertengkaran yang tepat?
Dr. John Gottman mengungkapkan, pasangan yang memiliki rasio lima kali berinteraksi emosional, baik positif dan negatif memiliki pernikahan yang kuat. Walau pertengkaran bisa berakibat baik, namun perilaku kasar tidak termasuk di dalam teori yang ditemukan oleh Gottman.

"Jika saat berargumen, Anda atau pasangan mulai menggunakan kata-kata serta perilaku kasar berarti Anda berdua sudah terlalu jauh," jelas Gottman, seperti yang dikutip dari Your Tango.

Aturan Bertengkar
Banyak orang yang merasa tidak nyaman dengan kemampuan berargumennya. Jika salah seseorang tidak mengekspresikan rasa marah dan perselisihan kepada pasangannya, makan mereka akan melupakan perasaan tersebut. Hal ini tentu akan menjadi bom waktu.

Perasaan negatif dan positif harus selalu disalurkan. Jika pasangan sedang menutup diri, maka Andalah yang harus membuka diri. Begitu pun sebaliiknya.
Sumber :  wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"