Minggu, 10 Juni 2012

Inilah Manfaat Buah Anggur

Anggur termasuk salah satu jenis tanaman yang merambat, berasal dari Negara Armenia, tetapi sudah dibudidayakan di Negara Timur Tengah sejak tahun 4000 SM. Buah anggrus memiliki prospek pangsa pasar yang lumayan cukup mengiurkan. Pada tahun 2500 SM orang mesir menjadikan anggur sebagai bahan baku minuman anggur (wine). 

Produksi buah anngur ini memiliki sasaran pasar yang cukup luas, sebab anggur disubtitusi sebagai buah impor yaitu sebagai buah meja serta buah yang dikemas dalam kaleng. Anggur juga dapat disajikan bahan baku industry minuman, seperti wine dan sari buah (juice) serta diolah menjadi kismis.


Buah anggur merah sangat kaya akan serat, kandungan polifenolnya bisa menjadi cara jitu untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat anggur bisa didapat dari buah dan minuman hasil fermentasinya atau wine.  Produk fermentasi anggur dalam bentuk minuman atau wine, dalam uji laboratorium memperhatikan efek memperpanjang umur, seperti yang diperoleh seseorang mengurangi kalori dalam makanannya. Selain itu kondungan polifenolnya dalam anggur, terutama yang berwarna merah, dapat member efek positif bagi kesehatan pembuluh darah jantung. Satu lagi zat berkhasiat daam anggur, yakni hormon melatonin. Selama ini melatonin diketahui terdapat pada manusia dan hewan mamalia yang dibentuk dari glandula pineal di otak, traktus gastrointestinal, dan retina. Hormone ini bermanfaat untuk mengatasi  gangguan tidur atau insomnia. 

Anggur merupakan tanaman berkeping dua (dikotil), mana mempunyai akar tunggang (radix primaria) dan akar cabang (radix lateralis). Sistem pengakarannya menyebar ke seluruh arah pada bagian lapisan tanah atas sedalam 1,5 – 3.0 m. Batang tanaman anggur beruas – ruas, berbuku – buku serta berkayu – kayu. Spesifikasi batang tanaman anggur tumbuh memanjat atau menjalar. Tanaman anggur mempunyai daun tunggal, artinya terdiri atas satu helai daun pada satu tangkai daun.  Bungga pada tanaman anggur terdiri atas kuntum – kuntum bunga yang tersusun dalam tangkai. Bunga seperti ini disebut “bunga majemuk”. 

Penyerbukan dan pembuahan menghasilkan buah. Buah anggur bentuknya bervariatif, yaitu bulat atau bundar (spherical), lonjong ke samping (oblate), jorong (ellipsoidal), bulat telur sungsang (obavoid), jorong memanjang (ellipsolidal elongated), dan bulat telur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"