Selasa, 07 Mei 2013

Dimana Letak Bumi Di Jagad Raya?

Begitu banyak misteri di luar angkasa yang super duper luasnya. Misteri-misteri tak luput dari luasnya Alam Semesta ini. Bumi kita layaknya pasir kerikil putih yang amat sangat kecil bagi galaks-galaksi yang amat besar bagi galaksi-galaksi yang teramat besar. Inilah salah satu kebesaran-Nya. Betapa kecilnya kita dan betapa besarnya ciptaan Tuhan.
www.blogbelajarpintar.blogspot.com

Bumi
BUMI. Pernahkah anda berpikir lokasi bumi di Alam Semesta ini ? Alam Semesta yang begitu luas ini menyimpan banyak misteri. Kini bumi di buat sekecil mungkin.
www.blogbelajarpintar.blogspot.com
Tata Surya
Bumi bersama planet-planet lain seperti Merkurius, Mars dan anggota Tata Surya lainnya. Termasuk planet-planet kerdil lainnya yang mengelili Matahari. Lalu dimanakah lokasi Tata Surya Di Alam Semesta Raya ini ?

www.blogbelajarpintar.blogspot.com
Gugusan Solar Interstellar Neighborhood (Tetangga Antarbintang Tatasurya)
Coba anda lihat gambar di atas. Tata Surya bagai sebuah pasir butir yang teramat kecil yang siap di tabrak butir pasir lainnya. Tata Surya sendiri merupakakan Anggota Gugusan Solar Interstellar dimana orbit Tata Surya ini terlihat begitu kecil.

www.blogbelajarpintar.blogspot.com
Bima Sakti (Milky Way)
Solar Interstellar Neighborhood itupun, berada dalam sebuah galaksi yang di beri nama Milkyway atau Bimasakti. Lihat pula pusat Galaksi Bima Sakti yang putih itu? Jaraknya 20.000 Tahun Cahaya dari Bumi kita!
Waw jauh sekali bukan ?
www.blogbelajarpintar.blogspot.com

Kelompok Antar Galaksi
Galaksi kita disini terlihat seperti batu kerikil. Galaksi Bimasakti atau Milkyway, berada dalam satu Cluster yang bernama Local Group. Isinya hanya beberapa Galaksi Kecil (Dwarf) sedangkan yang terbesar adalah Andromeda yang berjarak sekitar 2.500.000 Tahun Juta Tahun Cahaya dari kita.

www.blogbelajarpintar.blogspot.com

Virgo Supercluster
Sekeliling Virgo Supercluster masih terdapat banyak Supercluster lainnya, termasuk tetangga kita Coma Supercluster yang berjarak 300 juta tahun cahaya! mereka bergabung dalam Gugus dari Gugus Super "Local"
Dan, inilah Lokasi Local Supercluster di alam semesta yang bisa kita amati saat ini :


Begitulah Lokasi Bumi Di Alam Semesta ini. Bumi kiita yang teramat kecil ini bisa saja di hantap oleh bebatuan-bebatuan besar lainya ( Galaksi ) Kecil sekali bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"