Selasa, 07 Mei 2013

Bangunan Di China Yang Tahan Gempa Dan Meriam

Fujian Tulou adalah sekumpulan rumah tanah yang dibangun antara abad ke-12 hingga ke-20, yang terletak di daerah pegunungan di tenggara Fujian, China.

Tulou, sebagaimana dilansir amusingplanet, dibangun sebagai pertahanan untuk menghadang para bandit bersenjata yang biasa datang ke wilayah selatan China dari abad ke-12 sampai abad ke-19. Orang-orang dari selatan Fujian kemudian membangun benteng-benteng di atas gunung sebagai pertahanan mereka. Satu per satu benteng didirikan dan akhirnya menjadi Fujian Tulou.

Struktur luar tulou dibentengi dengan tanah padat yang dicampur dengan batu, granit, bambu, kayu dan bahan-bahan lain yang tersedia untuk membentuk dinding hingga setebal 1,8 meter. Cabang pohon, potongan kayu dan bambu, juga sering diletakkan di dinding sebagai penguat tambahan. Pintu masuk tulou juga disokong oleh pintu kayu setebal 4-5 inci yang diperkuat dengan plat besi di bagian luarnya.

Tulou adalah benteng kokoh yang menawarkan pertahanan spektakuler yang mampu menahan tembakan meriam. Pada tahun 1934, sekelompok petani yang melakukan pemberontakan di Yongding masuk ke tulou untuk menahan serangan dari tentara, yang menembakkan 19 tembakan meriam ke tulou itu, tetapi ternyata hanya menimbulkan penyok kecil di dinding luarnya.
Perumahan tulou itu kemudian dihuni oleh seluruh klan dan seluruh struktur berfungsi sebagai desa kecil dan dikenal sebagai kerajaan kecil bagi keluarga atau kota kecil yang ramai. Bagian dalam tulou dibangun untuk kenyamanan, yang mampu memberi kehangatan selama musim dingin dan tetap sejuk saat musim panas. Kamarnya pun cukup terang, berventilasi, tahan angin, dan seluruh bangunan bahkan tahan gempa.
Bangunan Di China Yang Tahan Gempa Dan Meriam
Terdapat lebih dari 20.000 tulou di Fujian, tersebar di wilayah tenggara pegunungan provinsi Fujian. Meskipun tulou ditemukan di bagian lain dari China, mereka semua disebut sebagai Fujian Tulou setelah UNESCO mengadopsi nama itu untuk semua tempat tinggal dengan jenis tersebut. Sebanyak 46 situs Tulou Fujian telah masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"