Selasa, 15 Oktober 2013

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

img
Kehamilan merupakan proses hidup terindah bagi wanita. Tapi di waktu yang sama, wanita bisa mengalami depresi, emosi yang labil dan darah tinggi karena kehamilan. Umumnya, wanita akan mengonsumsi obat untuk mengatasi gejala tersebut. Tapi sebenarnya gejala tidak mengenakkan saat hamil bisa diatasi tanpa obat yang mungkin bisa menimbulkan efek samping pada janin, yaitu dengan terapi warna.

Ya, warna bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala negatif pada masa kehamilan. Warna apa saja yang bisa dijadikan terapi bagi wanita hamil? Ginekolog Dr. Poornima Ramakrishna memaparkannya, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Oranye
Warna perpaduan kuning dan merah ini bisa membangkitkan energi dan punya efek menyamankan. Oranye juga membantu membuat rahim ibu hamil terasa hangat. Selain itu, oranye juga membangkitkan semangat ketika wanita merasa depresi dan kesepian, dua gejala yang kerap dialami wanita selama hamil. Warna oranye bisa diterapkan pada salah satu dinding kamar tidur.

2. Biru
Seperti oranye, warna biru juga punya efek menyamankan dan menenangkan. Warna biru akan membantu wanita tetap tenang dan mood-nya terkontrol selama fase aktif dalam masa kehamilan. Biru bisa diterapkan pada perabotan. Seperti vas bunga yang ditempatkan di kamar tidur, bisa membantu melepaskan tekanan dan membuat ibu hamil lebih tenang.

3. Hijau
Terapi warna hijau direkomendasikan bagi wanita hamil untuk menciptakan atmosfer yang lebih tentram dan menenangkan syaraf-syaraf yang letih. Warna kombinasi biru dan kuning ini juga memiliki efek merelakskan pada uterus melalui hormon yang dilepaskan dari otak. Hormon yang membuat pikiran dan mood lebih tenang ini dilepaskan saat memandang warna-warna bumi seperti coklat dan hijau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"