Selasa, 29 Oktober 2013

3 Macam Penyakit Pada Hidung

(c) shutterstock
Hidung adalah salah satu organ yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Saat Anda bernafas, hidung akan menyaring bakteri, kuman, dan segala bentuk gangguan sekecil apapun sehingga udara yang masuk ke dalam paru-paru selalu bersih.

Apabila hidung mengalami gangguan atau penyakit, umumnya ini akan mengganggu fungsi pernafasan. Kenalilah macam-macam penyakit-penyakit pada hidung yang dijelaskan di livestrong.com berikut.

1. Deviated Septum
Lubang hidung dipisahkan oleh sebuah sekat yang disebut septum. Normalnya, sekat ini akanmembagi secara rata besar lubang hidung seseorang. Tapi pada kasus abnormal, sekat ini membagi secara tidak rata dan menyebabkan salah satu lubang hidung lebih besar. Pada kasus yang ringan gejala tidak akan muncul, tapi pada tingkat yang lebih serius, ini dapat mengganggu pernafasan dan diperlukannya tindakan operasi.

2. Rhinitis
Pembengkakan dan peradangan pada jaringan lendir inilah yang disebut rhinitis. Rhinitis yang akut biasa disebabkan oleh virus sedangkan pada yang ringan, ini bisa terjadi karena alergi. Gejalanya bisa berupa hidung tersumbat, bersin, demam ringan, mata berair dan batuk. Penggunaan humidifier bisa meringankan gejala rhinitis ini. Sedangkan pengobatan lainnya adalah untuk mengatasi peradangan dan pemyumbatan.

3. Polip
Anda pasti sudah familiar dengan ini. Polip adalah jaringan berlebih yang tumbuh di dalam hidung. Biasanya ada di hidung bagian atas dan dapat tumbuh membesar. Semakin membesarnya polip dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan ditandai dengan semakin sering bernafas dengan mulut, berkurangnya kemampuan membau, dan ingusan. Operasi diperlukan apabila polip sampai menghalangi jalan udara saat Anda bernafas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"