Selasa, 18 Maret 2014

Inilah 16 Nama Tempat Terpanjang Di Dunia

Berikut ini nama-nama tempat terpanjang di dunia yang selama ini mungkin kita belum tahu dan mengenalnya lebih jauh. Mau tau apa saja sih tempat dengan nama terpanjang tetapi terdiri dari satu huruf tunggal saja? Let's check this out!

1. Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru (85 Huruf)

Nama singkatnya =  Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu (57 huruf).
Nama tersebut merupakan sebuah bukit yang berjarak 305 meter dari Porangahau, di selatan Waipukurau di selatan Hawke's Bay dalam bahasa Mäori di Selandia Baru. Nama ini sering dipendekkan sebagai Taumata oleh penduduk setempat agar mudah dilafalkan. Nama pada tanda yang menandai puncak bukit ini dieja Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenua kitanatahu,  yang dapat diartikan Pundak [atau puncak] bukit [atau tempat], di mana Tamatea, lelaki berlutut besar, yang meluncur [ke bawah], memanjat [ke atas] dan menelan pegunungan, [untuk berjalan melalui darat], [yang] dikenal sebagai pemakan tanah, memainkan [pada] seruling [hidung]nya untuk orang yang dicintainya. Dengan 85 huruf, ini merupakan salah satu nama tempat terpanjang di dunia.

Ada beberapa terjemahan dan ejaan yang berbeda. Juga telah dieja Tetaumatawhakatangihangakoauaotamateaurehaeaturipukapihimaungahoronukupokai whenuaakitanarahu, 92 huruf, dan telah dimasukkan ke dalam Guinness Book of Records juga.

Versi terpanjang nama ini rupanya lebih baru, atau barangkali lebih resmi. Ada pernyataan bahwa nama yang lebih panjang, yang kini diperlihatkan pada sebuah tanda, telah digunakan oleh hampir seluruh orang Mäori setempat. Orang Wales mengemukakan bahwa nama yang lebih panjang telah disusun lebih panjang daripada Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, yang beberapa perdebatan lainnya disusun dan menjadi nama tempat terpanjang di Inggris. Sependek-pendeknya dan sesingkat-singkatnya nama tempat ini tetap aja panjang banget. 

2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, Inggris (58 Huruf)

Terletak di sebuah desa di pulau Anglesey di Wales, Britania Raya. Penduduknya berbahasa Welsh. Desa ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai tempat yang namanya terpanjang di Britania.

Nama ini berarti "Gereja Santa Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air deras dan gereja Santo Tysilio dari gua merah" dalam Wales. Nama tempat ini diciptakan pada 1860-an oleh seorang penjahit setempat untuk membuat desa ini terkenal karena memiliki stasiun kereta api dengan nama terpanjang.Penutur bahasa Inggris yang mengatakan "Llan-vire-pooll-guin-gill-go-ger-u-queern-drob-ooll-llandus-ilio-gogo-goch" akan menyuarakan lebih dekat bagaimana nama ini diucapkan.


3. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, Massachusets, US (45 Huruf)

Danau Chaubunagungamaug, atau dikenal sebagai "Danau Webster" merupakan sebuah danau di kota Webster, Massachusetts, Amerika Serikat. Danau ini berbatasan dengan negara bagian Connecticut. Luas permukaan danau 5,83 km².Nama lengkapnya adalah Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg yang ditulis dengan 45 buah huruf. Nama danau ini merupakan nama tempat terpanjang di Amerika Serikat, dan salah satu nama tempat terpanjang di dunia. 
Danau Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg (nama dalam versi ekstra panjang) adalah nama tempat terpanjang di Amerika Serikat, sekaligus menempati urutan ke-6 dalam daftar nama tempat terpanjang di dunia. Huruf "g" dan "a" adalah huruf yang paling banyak digunakan (semuanya ada 15 buah huruf "g", dan 9 buah huruf "a"). Arti dari nama versi ekstra panjangnya adalah kurang lebih, "Orang Inggris di wilayah suku Manchaug di tempat pertemuan dan lokasi memancing di perbatasan". Nama ekstra panjang mulai digunakan sejak abad ke-19 ketika orang berkulit putih membangun pabrik di sana. Kata "Manchaug" berasal dari kelompok suku Nipmuck bernama "Monuhchogoks" yang tinggal di tepi danau. Ejaan untuk nama danau versi ekstra panjang bisa berbeda-beda, termasuk ejaan yang digunakan di papan petunjuk yang ada di tepi danau.



4. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, Afrika Selatan (44 huruf)

Merupakan nama dari sebuah ladang yang terletak di Afrika Selatan. Nama tersebut memiliki arti "musim semi (literal Fountain) di mana dua kerbau segar tewas dengan satu tembakan"

5. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, Finlandia (35 huruf)

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä merupakan sebuah daerah rawa di Savukoski, Lapland di Finlandia. Nama ini 35 huruf panjang dan merupakan nama tempat terpanjang di Finlandia, dan juga terpanjang kedua di Eropa.


6. Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik, Kanada (31 Huruf)

Danau yang diberi nama menggunakan Bahasa Inuktitut ini berlokasi di Manitoba dan Nunavut, Kanada dengan ketinggian rata-rata 221 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini jarang penduduknya dengan 0 orang per km2.


7. Venkatanarasimharajuvaripeta, India (28 huruf)
Venkatanarasimharajuvaripeta atau Venkatanarasimha Rajuvaripet adalah sebuah stasiun kereta api di Andhra Pradesh di perbatasan dengan Tamil Nadu, India dengan perbedaan memiliki nama terpanjang di antara semua stasiun pada sistem Kereta Api India. Penduduknya berbahasa Telugu.


8. Mamungkukumpurangkuntjunya, Australia Selatan (26 huruf)

Terletak di perbukitan Australia Selatan, Australia tepatnya sekitar 108.8km barat atau barat Marla. Penduduknya berbahasa Pitjantjatjara. Nama tersebut mempunyai arti "Di mana iblis buang air kecil".

9. Bullaunancheathrairaluinn, Irlandia (25 huruf)

Terletak di County Galway, Irlandia.  Penduduknya berbahasa Anglicisation Ireland Ballán Cheathrair Álainn. Nama ini memiliki arti "Mangkuk indah dari empat".

10. Gasselterboerveenschemond, Belanda (25 huruf)

Merupakan sebuah dusun di Drenthe, Belanda. Di lokasi ini memiliki populasi sekitar 40 orang.


11. Kuchistiniwamiskahikan, Kanada (22 Huruf)
,Merupakan sebuah pulau yang terletak di Quebec, Kanada. Juga nama tempat terpanjang di Quebec.

12. Siemieniakowszczyzna, Polandia (20 huruf)

Nama ini terletak di sebuah kampung di Hajnówka County, Polandia. Penduduknya berbahasa Polandia. 

13. Newtownmountkennedy, Irlandia (19 Huruf)

Newtownmountkennedy merupakan sebuah kota kecil di County Wicklow, Irlandia. Kota ini memperoleh nama pada pertengahan-abad ketujuh belas, ketika Sir Robert Kennedy, MP. , membuat kota ini sebagai tempat tinggal utamanya. Arti nama ini sendiri adalah "Kota Kennedy".

14. Thiruvananthapuram, India (18 Huruf)

Sebuah kota yang terletak di Kerala, India. Bahasa yang dipakai oleh penduduknya adalah Bahasa Malayalam. Nama kota ini berarti "Tempat tinggal Raja Ananta".

15. Trongisvágsfjørður, Kepulauan Faroe (18 huruf)

Trongisvágsfjørður adalah lembah di pulau Suduroy di Kepulauan Faroe. Ada empat desa di sekitar lembah. Arti namanya "Lembah Trongisvágur"

Kira-kira di Indonesia nama tempat terpanjangnya apa ya? Yang tau share di komentar dong. :)
Sumpah deh, ngapalin nama-nama tempat yang diatas bikin mumet, apalagi yang no.1 lebih mending hapalin rumus kimia atau fisika deh.. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"