Jumat, 15 November 2013

7 Teknologi Masa Lalu yang Hampir Bertahan Lama

Teknologi bergerak dengan sangat cepat. Aplikasi terbaru, sistem operasi, atau beragam peranti lunak terus berganti dengan sangat cepat. Dulu, hal ini tidak terjadi karena teknologi di masa lampau cenderung untuk bertahan lebih lama sebelum akhirnya dianggap 'usang'. Dari pemutar kaset hingga mesin ketik, benda-benda ini menjadi trend saat mereka baru diluncurkan. Bahkan saya inget ketika DVD masih merupakan setumpuk konsep, karena semua orang menggunakan VHS. Berikut 7 teknologi di masa lampau yang hampir berhasil bertahan - dan merupakan perkembangan pesat teknologi di jamannya - sebelum akhirnya tidak dipakai lagi. Menyedihkan!
1. Polaroid Camera
-
Fotografer amatir pada tahun 50 dan 60an mungkin akan sangat terkejut jika Anda memberitahu mereka bahwa kamera yang mampu mengambil, mengolah, dan mencetak foto secara instan ini akhirnya mengalami kemunduran setelah ada lebih dari lima puluh tahun. Saya yakin mereka akan menggelengkan kepalanya ketika mengetahui bahwa sekarang kita lebih memilih untuk mengambil foto dengan smartphone dan hanya menyimpannya dalam sebuah hard-drive, tanpa mencetaknya. 
2. Typewriter
-
Saya cukup yakin seorang penulis yang cukup berada akan memiliki satu, dua, atau beberapa mesin tik dalam hidupnya. Namun kebanyakan dari kita pasti sudah menggunakan sebuah keyboard yang tersambung kepada sebuah komputer untuk menggantikannya.

3. Betamax
-
Betamax keluaran Sony ini mungkin sempat terkenal di tahun 70an, walaupun akhirnya dikalahkan oleh VHS dan VCR. Namun siapa sangka, di masa depan, Sony berhasil mendapatkan karma yang baik dalam perang format video.

4. VHS and VCR
http://www.sitandbefit.org/PawsOnWeb/userfiles/image/VCR-VHS(2).jpg
Mungkin Betamax akan tersenyum di alam sana, melihat penggantinya - kaset VHS dan pemutar VCR - pada akhirnya digantikan oleh Digital Video Disk (DVD) di abad ke 21.

5. Cassette Players
http://www.chadbarr.com/uploads_chadbarr/CassettePlayer.jpg
Mungkin para B-Boy jaman dulu tidak akan terlihat keren bila menenteng pemutar CD. Tapi mereka terlihat keren dengan pemutar kaset boom box ini!
6. Car phones
http://yorkdesignco.com/wordpress/wp-content/uploads/2013/03/CarPhone.jpg
Telepon mobil yang ditanamkan di mobil mewah merupakan simbol dari status seseorang. Namun bagaimanapun, keberadaan telepon mobil ini memudar setelah munculnya telepon genggam.
7. Floppy Disks 
-
Sebelum adanya penyimpanan di cloud, external hard drive, CD, dan lain-lain, disket merupakan tempat pemyimpanan data utama. Anda pasti ingat bagaimana Anda harus menuliskan stiker untuk menandai data yang anda simpan di dalamnya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"