Jumat, 15 November 2013

10 Kota Hantu Dengan Kisah Paling Tragis di Dunia

Pernahkah kamu membayangkan ketika kamu sedang melakukan perjalanan lalu tiba-tiba tak sengaja tersesat ke sebuah kota yang sudah tak berpenghuni? Jika demikian maka kamu harap berhati-hati karena siapa tahu kamu akan masuk ke beberapa kota hantu tak berpenghuni berikut ini.
Dilansir io9.com, kota-kota berikut ini mendapat julukan hantu lantaran tak ada seorang pun yang menempati. Di balik penampilan yang mengerikan, kota-kota ini menyimpan kisah tragis. Seperti apa? Simak halaman berikut ini.

1. Äuli - Swis
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/85/%C3%84uli,_Milit%C3%A4rstadt_in_Walenstadt.jpg
Kota Äuli yang terletak di Swiss ini dibangun oleh pemerintah Swiss sebagai pusat pelatihan militer. Sehingga pada dasarnya kawasan ini tidak ada yang menempati. Di beberapa sudut Äuli terdapat kamera-kamera pengintai dan pasukan tentara yang senantiasa menjaga kawasan ini untuk memastikan tak ada penjahat yang masuk. Namun tentu saja Äuli tak memiliki banyak penduduk, dan menjaga di sini seperti menjaga kota berhantu tak berpenghuni yang mencekam.

2. Dallol - Ethiopia
http://mixstuff.ru/wp-content/uploads/2013/09/original-31.jpg
Terletak di negara Ethiopia, Dallol sempat menjadi kawasan yang kaya akan kalium, silvit dan menjadi lokasi tambang garam oleh masyarakat yang pernah tinggal di sana. Dallol disebutkan ditinggalkan oleh warganya pada tahun 1960-an.
Sebagian besar bangunan yang ada di Dallol dibentuk dari batu-bata yang berbahan dasar garam. Sehingga Dallol menjadi lokasi dengan suhu terpanas di bumi yakni mencapai 35 derajat celcius saat diukur pada tahun 1960-1966. Tak heran jika ditinggal, siapa yang mau hidup dalam lingkungan panas?

3. Döllersheim - Austria
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/af/GuentherZ_2011-03-19_0082_Doellersheim_Ruine_Kirche_Friedhof.jpg
Desa Döllersheim yang ada di Austria ini diperkiran sudah sangat tua dan berusia lebih dari 900 ahun. Setelah kasus Anschluss yang terjadi pada 1938 silam, evakuasi terjadi di desa ini untuk menjadikannya sebagai area pelatihan militer. Hal itu dilakukan atas perintah Adolf Hitler sekalipun neneknya sendiri yakni Maria dimakamkan di sini. Kini Döllersheim dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Austia. Mau tinggal di sini?

4. Kayaköy - Turki Selatan
http://www.seavalleybungalows.com/MesFiles/images/Kayakoy.jpg
Kayaköy terletak di kawasan selatan Turki dan desa ini dibangun di situs kota kuno Carmylessus yang sudah ada semenjak pertengahan abad ke-18. Desa ini hanya memiliki populasi orang Yunani-Kristen semenjak tahun 1923. Ketika desa ini ditinggalkan lantaran perubahan populasi antara Yunani dan Turki, Kayaköy tampak seperti desa berhantu yang tak ada seorangpun tinggal di sana.

5. Kilamba - Angola
http://static5.businessinsider.com/image/4ff317e369beddee6c000012-1200/kilamba-housing.jpg
Nama aslinya dalam bahasa daerah adalah Novi Cidade di Kilamba (Kilamba New City). Terletak di dekat Luanda, kota ini dirancang sebagai tempat tinggal untuk sekitar 500 ribu orang saat sudah selesai dan dibangun oleh perusahaan asal China pada tahun 2012 silam.
Di kawasan ini ada apartemen delapan lantai dengan warna-warni terang sejumlah 750 blok, lalu beberapa lusin sekilah, pusat perbelanjaan dengan bioskop, hotel bintang lima dan lebih dari 100 unit ritel. Namun hanya 220 unit apartemen dari total 2.800 unit sampai Juli 2012 yang membuat pembangunannya semakin melambat.

6. Kolmanskop - Namibia
http://www.namibian.org/travel/adventure/photos/kolmanskop/fullsize/Kolmanskop_fs.jpg
Kawasan Kolmanskop dibangun sekitar tahun 1908 dan terletak di tengah-tengah demam berlian yang melanda Namibia saat itu. Di sini terdapat sebuah kota dengan casino, rumah sakit, dan tentunya sekolah. Namun perkembangannya menjadi melambat semenjak Perang Dunia I ketika penjualan berlian mengalami penurunan drastis. Meninggalkan Kolmanskop dengan hamparan pasir begitu saja serta rumah-rumah tak berpenghuni yang tampak mencekam.

7. Oradour-sur-Glane - Prancis
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/87/Oradour-sur-Glane-Cars-1263.jpg
Desa ini disebutkan telah hancur pada tahun 1944 ketika 642 penghuninya, termasuk 205 anak-anak dan 247 perempuan dibantai oleh Waffen SS pada 10 Juni 1944. Disebutkan hanya seorang perempuan berusia 47 tahun bernama Marguerite Rouffanche yang berhasil hidup.
Atas perintah Charles de Gaulle, tempat ini diubah menjadi musem dan berdiri kenang-kenangan dari Perang Dunia II, Adolf Diekmann yang seorang komandan dan menentang keras pembantaian tersebut.

8. Pripyat - Ukraina
http://witness-this.com/wp-content/uploads/2011/02/zone_0043_pripyat.jpg
Kawasan ini sepertinya menjadi kota berhantu tak berpenghuni yang paling terkenal di dunia dengan kisahnya yang tragis. Dinamakan demikian sama seperti sungai Pripyat yang ada di dekatnya dan hanya dihuni selama 16 tahun lamanya. Seluruh penduduk Pripyat langsung dipindahkan beberapa hari pasca bencana Chernobyl yang terjadi pada April 1986 silam.
Disebutkan kandungan radiasi nuklir yang ada di Pripyat sudah dalam tahap mematikan dan tak baik untuk dihuni makhluk hidup dalam waktu lama. Meninggalkan Pripyat begitu saja dengan gedung-gedung kosong yang menyeramkan.

9. Pyramiden - Norwegia
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b6/Pyramiden_july2011_7.jpg
Pyramiden menjadi pernah menjadi lokasi komunitas tambang batubara yang terletak di Svalbard, Norwegia. Dibangun oleh Swedia pada tahun 1910 namun terjual pada Uni Soviet pada tahun 1927. Tahun 1998, Pyramiden resmi ditutup semenjak saat itu tidak aktif lagi. Namun rupanya semenjak tahun 2007 silam, sang pemilik Trust Arktikugol mulai merenovasi beberapa hotel dan menyediakan tur berhantu di sini.

10. Tawergha - Libia
http://www.dewereldmorgen.be/sites/default/files/imagecache/slideshow_1680x1050/2011/11/25/twargha.jpg
Kota Tawergha yang ada di Libia ini justru menjadi kosong tak berpenghuni lantaran perintah milisi Dewan Transisi Nasional Libia pada Oktober 2011 silam. Disebutkan populasi penduduk Tawergha mencapai 24.223 orang pada tahun 2006. Kini menyisakan bangunan-bangunan kosong nan besar yang tentunya menyeramkan saat malam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"