Jumat, 23 Agustus 2013

Pramugari Ini Dipecat Gara-gara Facebook

http://images.detik.com/content/2013/08/11/398/womanusingfacebook460.jpg
Facebook kini bisa jadi alat bukti untuk mengetahui apakah seorang karyawan benar-benar sakit atau membolos saat tidak masuk kerja. Hal ini sudah dilakukan sebuah maskapai penerbangan di New Zealand.

Maskapai Air New Zealand mengharuskan pragamuri yang bekerja untuk mereka menyerahkan salinan halaman Facebook dan juga catatan rekening bank. Kedua hal tersebut harus diserahkan untuk membuktikan apakah benar sang pramugari tidak masuk karena cuti sakit seperti yang dikatakannya.

Seperti dikutip dari AAP, perlakukan di atas dialami pramugari Air New Zealand bernama Gina Kensington. Gina kini sudah dikeluarkan setelah mengambil cuti sakit saat harus menjaga saudari kandungnya pada Maret 2013 lalu.

Gina membawa kasus pemecatannya itu ke Employment Relations Authority. Wanita tersebut merasa permintaan perusahaan menyerahkan salinan halaman aktivitas di Facebook dan catatan rekening bank tidak harus dilakukannya. Dia merasa dua hal tersebut adalah bagian dari privasi.

Namun ternyata pihak ERA setuju dengan permintaan Air New Zealand. Menurut mereka data tersebut bisa menjadi hal relevan untuk membuktikan apakah memang Gina menjalani cuti sakit atau tidak.

Sebelumnya seorang pria bernama Bruce Taipa juga pernah mengalami kasus serupa. Dia dipecat karena mengaku sakit namun ternyata di halaman Facebooknya ada foto dia tengah ikut karnaval naik kano di Rotorua, New Zealand.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"