Selasa, 20 Agustus 2013

Susu Formula Membuat Bayi Tumbuh Terlalu Cepat

Susu Formula Bikin Bayi Tumbuh Terlalu Cepat
Bayi yang mengkonsumsi susu formula akan menjadi lebih gemuk dan berisiko terkena penyakit kronis ketika mereka tumbuh dewasa. Peneliti dari Universitas California mengungkapkan, bayi yang mengkonsumsi susu formula akan tumbuh lebih cepat--bahkan terlalu cepat--dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi ASI.

“Tentu saja, setiap orang tua ingin bayinya tumbuh dengan cepat. Namun, tumbuh terlalu cepat bukanlah suatu hal yang baik,” ujar Carolyn Slupsky, kepala penelitian ini, seperti dikutip laman Daily Mail, Senin, 12 Agustus 2013.

Penelitian ini dilakukan pada 10 ekor monyet rhesus. Monyet jenis ini merupakan hewan yang memiliki kekerabatan terdekat dengan manusia. Selama tiga bulan, lima ekor monyet diberi susu formula, sedangkan lima ekor lainnya diberi ASI.

Hanya dalam waktu empat minggu, bayi monyet yang diberi susu formula akan jauh lebih besar dibandingkan dengan bayi monyet yang diberi ASI. Slupsky mengatakan, ini terjadi karena kelebihan protein dalam kandungan susu formula.

ASI mengandung sekitar 8 persen protein, sedangkan susu formula dalam penelitian ini mengandung 11,6 persen protein. Sementara itu, susu formula yang biasa dikonsumsi bayi mengandung 18,3 persen protein.

Temuan kami mendukung pendapat bahwa asupan gizi bayi pada awal pertumbuhan akan mempengaruhi pola makan dan perkembangan penyakit metabolik pada kemudian hari.

Oleh sebab itu, Slupsky menyarankan ada baiknya susu formula dibuat lebih mirip dengan ASI. Meskipun demikian, sumber nutrisi dalam ASI tidak akan bisa diduplikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"