Selasa, 20 Agustus 2013

Para Pecinta Binatang Berlari Bugil Demi Harimau Sumatera

Banyak hewan yang hidup di alam liar terancam punah karena populasinya yang semakin sedikit dan banyak diburu oleh manusia. Manusia terkadang tidak peduli bahwa apa yang dilakukannya merusak ekosistem alam dan menyakiti hewan yang mereka buru dan bunuh dengan kejam. Harimau Sumatera adalah salah satu hewan yang di ambang kepunahan karena populasinya hanya tinggal sedikit sekali yaitu 300 ekor.

Sebagai bentuk kepedulian dan kampanye untuk menyelamatkan harimau Sumatera dari kepunahan, komunitas pecinta binatang di Inggris menggelar aksi berlari kebun binatang. Ada yang unik dari aksi ini, yaitu mereka berlari tanpa menggunakan busana lho! Bahkan beberapa di antaranya mengecat tubuhnya seperti harimau dan menggunakan bando berbentuk telinga harimau.

Para pelari yang menggalang dana untuk harimau Sumatera | (C) AFPPara pelari yang menggalang dana untuk harimau Sumatera
Aksi ini dibuat untuk menggalang dana untuk mendanai pengembangbiakan dan pemeliharaan hewan yang sudah dinyatakan langka. Biaya yang dibutuhkan memang cukup besar sehingga mereka menggalang dana agar program ini terus berjalan dan dalam jangka panjang, harimau Sumatera dan hewan langka lainnya tidak sampai punah. Kepunahan salah satu spesies Hewan membawa dampak besar bagi ekosistem alam karena bagaimanapun juga, setiap hewan diciptakan dengan perannya sendiri.
Aksi berlari tanpa menggunakan baju ini mendapat perhatian dan dukungan dari pengunjung kebun binatang. Mereka menjadi tahu dan sadar bahwa banyak hewan yang bila tidak diselamatkan akan tertinggal menjadi cerita saja. Berkat penggalangan dana ini, terkumpul sebesar Rp 907 juta. Dana itu akan digunakan untuk melindungi hewan-hewan dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kini hanya tinggal 300 harimau Sumatera yang hidup di alam liar.

Harimau Sumatera | (c) ShutterStockHarimau Sumatera | (c) ShutterStock
"Kami berharap dana ini mampu membantu pengawasan dan pemeliharaan harimau Sumatera. Harimau Sumatera adalah hewan yang melegenda, dan jangan sampai punah begitu saja" ujar salah satu peserta lari. Harimau Sumatera adalah spesies harimau asli Indonesia, dan banyak dari orang Indonesia sendiri yang tidak peduli dengan ancaman kepunahan ini dan terus memburu dan membunuhi hewan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"