Selasa, 10 September 2013

10 Seleb yang 'Ganti Kelamin' Demi Peran Film

Perfilman Hollywood punya sejarah panjang dalam menampilkan para aktor memerankan tokoh wanita atau sebaliknya. Hal ini tidak lagi menjadi sebuah kejutan. Hasilnya? Ada beberapa yang sukses namun ada yang tidak.
Penampilan Martin Lawrence dalam BIG MOMMA'S HOUSE mungkin menjadi yang kurang sukses terlepas dari filmnya yang laris manis. Sedangkan penampilan Glenn Close sebagai Albert Nobbs dalam ALBERT NOBBS bolehlah dikata sukses. Ia yang memerankan sosok pria tua pun diganjar nominasi Oscar. Penampilan 'gantil kelamin' yang terbaru bisa dilihat dalam DALLAS BUYER'S CLUB. Rocker seksi Jared Leto berani memermak dirinya menjadi sosok wanita yang gemulai.
Dengan sejarah panjang tersebut, Zimbio.com menghadirkan beberapa aktor dan aktris yang rela berdandan dengan jenis kelamin berbeda. Ini dia beberapa di antaranya yang masih dikenang hingga saat ini.
1. Jared Leto
http://cdn01.cdn.socialitelife.com/wp-content/uploads/2012/11/16/jared-leto-drag-dallas-buyers-club-11162012-20-435x580.jpg 
Film: DALLAS BUYER'S CLUB
Jared Leto hampir tak bisa dikenali dalam perannya sebagai wanita transgender pengidap HIV dalam film terbarunya ini. Di dalam filmnya tersebut ia berperan sebagai transgender yang menyelundupkan obat terlarang dari Meksiko ke Amerika Serikat. Demi perannya tersebut, Leto menurunkan berat badannya hingga 15 kilo dan mencukur habis alis dan beberapa rambut di tubuhnya. Sungguh berdedikasi bukan?
2. Glenn Close
http://www.ivillage.ca/sites/default/files/imagecache/node_photo_gallery_single_view/12glenn-close-albert-nobbs.jpg
Film: ALBERT NOBBS
Sebagai tokoh utama dalam film ALBERT NOBBS, Glenn Close mampu menyuguhkan akting 'ganti kelamin' dengan serius dan mendalam. Hal tersebut mencuri perhatian juri Academy Awards dan lantas mendorong mereka untuk memberikan nominasi kepada sang aktris. Peran tersebut membuatnya mendapat nominasi Oscar keenam dalam sejarah karirnya. . Sayang peran tersebut belum bisa memberikannya piala Oscar.

3. Cate Blanchett
http://files.myopera.com/celebfan/blog/imnotthere_005.jpg
Film: I'M NOT THERE
Bukan perkara mudah untuk memerankan seorang musisi dan penulis lagu legendaris, terlebih bila peran tersebut mengharuskan sang pemain film menjadi sosok berjenis kelamin berbeda. Hal tersebut nyatanya tak menjadi masalah bagi Cate Blanchett . Dalam film I'M NOT THERE, Blanchett seakan menjelma menjadi Bob Dylan. Dari lima aktor yang pernah memerankan tokoh musisi tersebut, Blanchett diakui sebagai yang terbaik.
4. Robin Williams
http://static.tumblr.com/z9sginb/9vRl4spmb/mrs_doubtfire.jpg
Film: MRS. DOUBTFIRE
Gaya komedi Robin Williams yang hiperaktif memang tak bisa dibendung. Gaya tersebut bakal selalu ada dalam setiap filmnya, bahkan saat ia harus berperan sebagai tokoh berjenis kelamin berbeda. Berbahaya memang, tapi dalam film MRS. DOUBTFIRE, gaya tersebut lah yang membuat peran tersebut lekat dengan sosok Robin Williams . Ketika orang membicarakan peran ini maka orang akan langsung membicarakan Robin Williams .

5. Hilary Swank
http://download.gamezone.com/assets/old/screenshots/Hilary_Swank.jpg
Film: BOYS DON'T CRY
Hilary Swank menjadi contoh bagaimana seorang pemain film harus memerankan tokoh berjenis kelamin berbeda dengan penokohan dan akting yang kuat. Perubahannya menjadi seorang pemuda labil dalam film ini menjadikannya pemenang Oscar. Di dalam film tersebut ia memperlihatkan transformasi wanita Midwestern yang mengubah penampilannya menjadi seorang pria. Perubahan tersebut makin terasa dramatis sebab kisahnya sendiri berakhir tragis.
6. Felicity Huffman
http://queerandpolitics.files.wordpress.com/2011/05/transamerica-free_7.jpg
Film: TRANSAMERICA
Bicara soal kompleksitas, TRANSAMERICA bisa diibaratkan seperti film INCEPTION yang membicarakan soal identifikasi gender. Di dalamnya, aktris  Felicity Huffman berperan sebagai seorang pria yang sedang dalam proses mengubah kelaminnya sebagai seorang perempuan. Tak perlu bingung dengan peta perubahan kelamin dalam film ini karena akting Huffman sungguh sangat mengundang iba dan layak masuk nominasi Oscar.
7. Shawn & Marlon Wayans
http://www.forafewmoviesmore.com/wp-content/uploads/2011/08/15449_White-Chicks-movie.jpg
Film: WHITE CHICKS
Percaya atau tidak, kedua gadis berkulit putih dengan wajah mirip wadam di atas diperankan oleh kakak beradik Shawn dan Marlon Wayans. Keduanya memermak dirinya sebagai gadis sekolah asal Beverley Hills. Tak ada yang istimewa dari perubahan wujud mereka ini kecuali guyonan slapstik dan kasar. Entah mengapa film ini berhasil mengumpulkan keuntungan 4 kali dari modal produksinya meski banyak dikritik sebagai film terburuk tahun 2004.
8. Wesley Snipes dan Patrick Swayze
http://www.virginmedia.com/images/swayzeawesome-8-patrick-swayze-590x350.jpg
Film: TO WONG FOO THANKS FOR EVERYTHING
Film ini memang film komedi, jadi tak salah bila tokoh yang ada di dalamnya pun dibuat seatraktif mungkin. Salah satu pemerannya, John Leguizamo Wesley Snipes pas memerankan sosok waria dengan pakaiannya yang mencolok. Postur tubuh dan wajahnya memang cocok untuk peran yang demikian. Akan tetapi saat dua aktor macho Patrick Swayze dan Wesley Snipes pun bertindak serupa, semua jadi aneh.

9. Adam Sandler
http://2.bp.blogspot.com/-5vHkz3jq-sI/TwO0WYEXRDI/AAAAAAAAIOc/dS4CEYyi8HA/s400/jack-and-jill-movie.png
Film: JACK AND JILL
AdamSandler pernah menjadi komedian papan atas Hollywood dengan banyak film komedi bermutu. Tapi itu dulu. Kini sang aktor lebih memilih bayaran daripada mutu filmnya. Bukti terbaru yang bisa terlihat adalah peran gandanya sebagai pria dan wanita dalam film JACK AND JILL. Film tersebut tak hanya jeblok di pasaran, namun juga mendapat piala Razzie sebagai film terburuk.
10. Dustin Hoffman
http://www.madisoncountyalert.com/wp-content/uploads/2013/04/tootsie-749288.jpg
Film: TOOTSIE
Film ini menjadi pelopor bagi film-film lain untuk peran 'ganti kelamin'. Pemeran utamanya, Dustin Hoffman pun langsung diganjar piala Oscar atas kegemilangannya dalam memerankan sosok wanita lengkap dengan busananya. Dengan reputasinya sebagai aktor mahal saat itu, jarang ada produksi film yang berani memintanya untuk peran aneh-aneh. Tapi perannya dalam film ini sungguh tak disangka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"