Selasa, 25 September 2012

6 Makanan Wajib untuk Optimalkan Kesehatan Wanita

img

Berbeda jenis kelamin, beda pula asupan makanannya. Tahukan Anda bahwa ada beberapa makanan yang dapat mengoptimalkan kesehatan wanita, ketimbang dikonsumsi pria? Seperti yang dikutip dari She Know, berikut enam pilihan makanan yang wajib dikonsumsi para kaum hawa.

1. Yogurt
Youghurt rendah lemak mengandung protein yang sangat tinggi, rendah lemak dan juga bakteri sehat 'probiotik' yang dapat menjaga fungsi usus secara efisien. Dengan memasukan yogurt ke dalam menu makanan, berarti Anda bantu meringankan gejala sindrom iritasi usus dan gangguan pencernaan lainnya. Manfaat lainnya, terhindar dari infeksi miss V.

Yoghurt kaya akan kalsium yang penting bagi wanita untuk bantu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, yoghurt dapat mengurangi gekala PMS seperti perut kembung dan rasa cemas. Pilihlan yoghurt rendah lemak yang kemudian ditambah dengan makanan antioksidan seperti buah berry, kacang almond dan buah lainnya.

2. Ikan Salmon, Sarden dan Makarel
Beberapa jenis ikan tertentu kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin D yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita. Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon dapat memaksimalkan fungsi otak dan saraf. Manfaat vitamin D pada ikan tuna, sarden dan makarel bisa bantu tubuh menyerap kalsium lebih bayak dan mengurangi risiko osteoporosis serta tumor payudara dan ovarium.

3. Kacang-kacangan
Kacang mengandung protein tinggi dan serat, rendah lemaj dan dapat membantu dalam hal memeragin kanker payudara. Selain itu, kacang juga dapat menyeimbangkan hormon wanita, yang bermanfaat bagi mereka yang sedang alami PMS. Kacang juga mengandung asam folat yang penting bagi wanita menyusui, hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Folat juga diyakini dapat mengurangi kemungkinan terkena cacat sumsum tulang belakang pada bayi yang baru lahir.

4. Tahu
Protein kedelai sangat bagus untuk jantung dan bantu menurunkan kadar kolesterol. Tahu juga kaya akan zat besi yang beguna bagi kesehatan wanita. Cara memasak tahun yang cukup mudah adalah dengan menumisnya bersama dengan sayur-sayuran yang tak kalah sehat.

5. Tomat
Kandungan lycopene dalam tomat dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker payudara, kanker serviks dan penyakit jantung. Zat tersebut juga berpotensi membuat Anda tampak lebih muda, karena beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa lycopene dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat sinar UV dari matahari.

6. Buah Berry
Buah yang termasuk dalam jenis berry dipercaya memiliki kadar antioksidan terbesar yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Para peneliti menemukan bahwa jus buah berry dapat membuat bakteri berhenti menempel pada dinding kandung kemih, yang pada dasarnya membantu untuk melawan infeksi saluran kemih (ISK). Buah berry seperti blueberry, stroberi dan raspberry juga mengandung vitamin C, asam folat dan nutrisi pelawan kanker, anthocyans.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"