Kamis, 13 September 2012

10 Kampus Pencetak MBA Bergengsi di Dunia



INSEAD merupakan kampus terbaik untuk meraih gelar MBA di Eropa/Alamy
 
Meski krisis ekonomi dan angka pengangguran meningkat di dunia, permintaan akan lulusan Master of Business Administration (MBA) tetap tinggi.

Saat ini, kompetisi pekerjaan yang sangat ketat membuat perusahaan dunia banyak mencari lulusan dengan gelar MBA. Salah satu yang menjadi pertimbangan perusahaan dunia dalam merekrut lulusan MBA adalah almamaternya. Lantas, apa saja sekolah pascasarjana dengan program MBA di Eropa, yang paling banyak dicari perusahaan dunia? Berikut daftar kampus dengan program MBA terbaik di dunia versi QS pada tahun 2010/2011, seperti dikutip dari Telegraph.

1. INSEAD
Tahun lalu, INSEAD berada di peringkat pertama dalam daftar sekolah untuk gelar MBA terbaik di Eropa. Rata-rata lulusan sekolah pascasarjana asal Prancis ini mulai kuliah setelah enam tahun bekerja. Setelah lulus, mereka memiliki gaji dasar USD107.240 atau setara dengan Rp976,420 juta (Rp9.105 per USD). Durasi kuliah di INSEAD selama sepuluh bulan dan fokus pada kewirausahaan. Kampus ini mewajibkan mahasiswanya bisa tiga bahasa.

2. London Business School
Meski lokasinya ada di Inggris, sebanyak 85 persen mahasiswa London Business School berasal dari luar Inggris. Rata-rata mahasiswa yang kuliah di sini harus telah bekerja selama lima tahun. Lulusannya mendapatkan gaji dasar sebesar USD112.843 (Rp1 miliar).

3. Oxford University, Said Business School
Tahun lalu, Sekolah MBA Oxford, Said Business School memiliki 95 persen mahasiswa internasional. Di mana rata-rata usia mahasiswanya adalah 29 tahun. Sebesar 26 persen lulusan sekolah pascasarjana ini masuk ke sektor keuangan, sedangkan rata-rata gaji pokok lulusan di semua bidang adalah USD100.800 (Rp917 juta).

4. IESE Business School
IESE Business School berada di peringkat keempat di antara perusahaan dunia. Durasi kuliah di sekolah pascasarjana yang ada di Spanyol ini adalah dua tahun. Rata-rata mahasiswa yang kuliah di sini punya pengalaman kerja selama empat tahun. Setelah lulus, gaji awal mereka adalah USD110.700 (Rp1 miiliar).

5. SDA Bocconi School of Management
SDA Bocconi School of Management mempunyai ukuran kelas yang relatif kecil karena hanya punya 100 mahasiswa. Dan jika ingin kuliah di kampus yang berlokasi di Italia, calon mahasiswa harus punya pengalaman kerja minimal dua tahun.

6. ESADE Business School
ESADE menawarkan gelar MBA dan program pendidikan eksekutif di tiga kampus di Barcelona, Madrid, Spanyol dan Buenos Aires, Argentina. Mahasiswa punya tiga pilihan dalam hal durasi, yakni 12 bulan, 15 bulan atau 18 bulan. Mahasiswa yang lulus pada 2010 memiliki rata-rata gaji USD88.578 (Rp806 juta).

7. HEC Paris
HEC Paris merupakan kampus ketujuh dengan program MBA yang paling dihormati perusahaan dunia. Kampus ini cenderung menerima mahasiswa dengan enam tahun pengalaman kerja.

8. IMD
IMD adalah kampus kedepalan dengan program MBA yang paling didambakan perusahaan internasional. Kampus yang berlokasi di Swiss ini mensyaratkan mahasiswa yang ingin kuliah harus punya pengalaman tujuh tahun kerja. Lulusan kampus ini rata-rata menerima gaji dasar sebesar USD125 ribu (Rp1,1 miliar).

9. IE Business School
IE Business School adalah sebuah fakultas internasional dengan mahasiswa yang berasal dari 80 negara. Pada 2010, lulusan kampus ini menerima gaji pokok rata-rata USD81.900 (Rp745 juta).

10. Cranfield School of Management
Cranfield School of Management berada di urutan terakhir dalam daftar sekolah MBA yang paling dicari perusahaan internasional. Tahun lalu, kampus yang berlokasi di Inggris ini meluluskan 680 mahasiswa yang kemudian bekerja dengan gaji pokok rata-rata USD90.976 (Rp828 juta).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el √©xito siempre estar√° con nosotros"