Setiap pemimpin memiliki cara sendiri untuk mengambil sebuah
keputusan. Apa yang telah diputuskan akan berdampak besar pada nasib
anggota Anda. Tanggung jawab berat ini mesti dipikul oleh para pemimpin.
Meski demikian, tak ada pemimpin yang luput dari kesalahan. Berikut
adalah lima kesalahan fatal yang dilakukan oleh seorang pemimpin seperti
dilansir Forbes.
1. Terlalu banyak bernegosiasi
Pemimpin terkadang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bernegosiasi dengan masalah. Apakah itu efisien? Tentu saja tidak. Terlalu banyak berpikir membuat seorang pemimpin terlihat ragu dalam keputusannya.
2. Hanya wacana
Semua pemimpin memiliki visi dan misi untuk memajukan tim mereka. Namun, apakah itu hanya sekadar wacana? Tetapi tak ada tindakan nyata untuk mencapainya.
3. Tidak menetapkan rencana jangka panjang
Pemimpin gagal biasanya tidak memiliki rencana jangka panjang yang menatap ke masa depan. Padahal rencana masa depan merupakan tonggak untuk mencapai kemajuan.
4. Tidak menetapkan konsekuensi
Seorang pemimpin seharusnya dapat menetapkan konsekuensi yang jelas untuk anggota mereka, terutama bagi yang berhasil mencapai tujuan atau tidak. Tetapkan sebuah konsekuensi untuk memotivasi anggota Anda.
5. Menetapkan terlalu banyak gol
Menetapkan terlalu banyak gol dapat menghilangkan konsentrasi bawahan. Mereka tidak bisa memilih mana yang harus didahulukan atau yang tidak.
1. Terlalu banyak bernegosiasi
Pemimpin terkadang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bernegosiasi dengan masalah. Apakah itu efisien? Tentu saja tidak. Terlalu banyak berpikir membuat seorang pemimpin terlihat ragu dalam keputusannya.
2. Hanya wacana
Semua pemimpin memiliki visi dan misi untuk memajukan tim mereka. Namun, apakah itu hanya sekadar wacana? Tetapi tak ada tindakan nyata untuk mencapainya.
3. Tidak menetapkan rencana jangka panjang
Pemimpin gagal biasanya tidak memiliki rencana jangka panjang yang menatap ke masa depan. Padahal rencana masa depan merupakan tonggak untuk mencapai kemajuan.
4. Tidak menetapkan konsekuensi
Seorang pemimpin seharusnya dapat menetapkan konsekuensi yang jelas untuk anggota mereka, terutama bagi yang berhasil mencapai tujuan atau tidak. Tetapkan sebuah konsekuensi untuk memotivasi anggota Anda.
5. Menetapkan terlalu banyak gol
Menetapkan terlalu banyak gol dapat menghilangkan konsentrasi bawahan. Mereka tidak bisa memilih mana yang harus didahulukan atau yang tidak.
Lima kesalahan ini membuat Anda dianggap sebagai pemimpin yang gagal.
Jadi, hindari kesalahan-kesalahan yang nantinya membuat wibawa Anda
jatuh di hadapan anggota(www.merdeka.com).
Baca juga artikel
menarik lainnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar