Selasa, 22 Januari 2013

16 Objek Wisata Terindah di Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat banyak memiliki tempat – tempat Wisata yang sangat Indah dan bisa di katakan bertaraf Internasional, Objek Wisata di Provinsi ini tersebar hampir di setiap Kabupaten Kota, dari mulai Wisata Alam, Sejarah dan Budaya akan membuat pengunjung merasa terkesan jika melakukan Liburan di Provinsi tempat kelahiran Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Bunga Hatta.


Berikut ini beberapa Objek Wisata yang sering di kunjungi oleh Wisatawan Domestik & Mancanegara

1. Jam Gadang

 
Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker.
Dari puncak menara kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII. 


2. Danau Singkarak


"objek wisata danau singkarak sumatera barat"

Objek Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau Singkarak adalah  adalah Danau Terluas di Sumatera Barat, dan terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba. Danau ini mempunyai luas lebih kurang 107.8 km. Kita bisa bersantai sejenak di pinggiran danau dengan pemandangan yang menakjubkan, Latar Belakang bukit barisan di sepanjang pinggiran danau semakin menambah keindahan danau. Udara yang terasa segar dan angin yang terasa sejuk menyapa begitu kita berhenti di pinggiran Danau singkarak ini.
Lokasi Danau Singkarak ini juga terbilang cukup strategis jika anda ingin berkeliling ke beberapa objek wisata di Sumatera Barat. Danau ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang. Dengan posisi yang demikian jika anda ingin menuju ke Danau Singkarak, dari Kota Padang, anda mempunyai dua pilihan rute yakni melalui Kota Solok atau Kota Padang Panjang.
Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih nya yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini saja. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana saja, bahkan di dalam akuarium  kecuali di Danau Singkarak

3. Danau Maninjau



Objek Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah satu dari danau yang paling menakjubkan di Indonesia. Terletak 35 kilometer dari kota Bukittinggi, Danau vulkanik ini terletak kurang lebih 461 meter di atas permukaan laut. Dengan ukuran kurang lebih 100 meter persegi dengan kedalaman maksimum 500 meter.Danau Maninjau memiliki resor berbintang lima yang berada di puncak bukit. Dengan pemandangan yang menyenangkan dan menenangkan hati, menginap di daerah Maninjau akan menjadi pengalaman yang mengesankan.
Desa Maninjau terletak di samping danau. Buya HAMKA, salah satu sastrawan terkenal di Indonesia, dilahirkan di Desa ini.

4. Danau Atas Bawah


"objek wisata di sumatera barat"

"objek wisata di padang"

Objek Wisata Danau Atas Bawah Sumatera Barat

Objek Wisata Danau Atas Bawah ini berada di dekat Kota Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah terlihat unik karena berada lokasinya yang berdekatan. Bedanya hanya terletak pada ketinggian kedua danau tersebut. Danau Di Atas berada pada ketinggian 1.531 mdpl, sementara dan Danau Di Bawah berada pada ketinggian 1.663 mdpl.
Danau yang biasanya pertama kali didatangi pengunjung adalah Danau Di Bawah. Danau Di Atas memiliki air yang bisa dibilang tidak begitu dalam untuk ukuran danau, yaitu 44 meter.Di danau ini, Anda bisa berwisata air dengan menaiki perahu yang disewakan.
Tidak seperti Danau Di Atas, di Danau Di Bawah pengunjung tidak bisa melakukan wisata air. Ini dikarenakan dalamnya air sekitar 800 m, tetapi pemandangan di sekitar danau ini sangat asri, bagus untuk diabadikan dengan kamera.
Untuk mengunjungi Danau ini anda dapat melakukan perjalanan dari Kota Padang ke rute Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok.

5. Pantai Embun Pagi


"objek wisata pantai embun pagi sumatera barat"

Objek Wisata Pantai Embun Pagi Sumatera Barat

Pantai Embun Pagi berada di Desa Padang Gelanggang, sekitar 24 Km dari Bukittinggi. Di Pantai ini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan butiran Pasir yang bersih berkilau di sinari Matahari. Para Wisatawan biasanya singgah terlebih dahulu ke Pantai ini sebelum ke Danau Maninjau untuk menikmati Pemandangan Pantai Embun Pagi. Bagi anda yang ingin menikmati Pemandangan Danau Maninjau, jangan lupa singgah agar liburan anda semakin berkesan.

6. Ngarai Sianok


"holiday to west sumatera"

"attraction in west sumatera"

Objek Wisata Ngarai Sianok Sumatera Barat

Panorama Ngarai Sianok di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award ( PTA ) 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007.
Ngarai Sianok berhasil mengalahkan objek wisata Pantai Padang, kawasan wisata tambang di Sawahlunto, Pantai Carocok di Pesisir Selatan, Embun Pagi di Agam, Danau Kembar di Kabupaten Solok, Lembah Harau di 50 Kota dan Anai Resort di Padang Pariaman.Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah.
Ngarai ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter. Patahan-patahan ngarai membentuk dinding yang curam, bahkan ada yang tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau.

7. Gua Peninggalan Jepang


"objek wisata di bukittinggi"

Objek Wisata Gua Jepang Bukittinggi Sumatera Barat

Bukittinggi, Salah satu Objek Wisata yang ramai di kunjungi wisatawan adalah Lubang Japang atau Gua Jepang yang masih berada di areal pusat kota Bukittinggi.
Gua Jepang adalah bukti sejarah pendudukan Jepang yang masih tersisa hingga sekarang. Lubang gunung yang berdinding batu keras ini panjangnya puluhan meter.  Dengan rongga berbentuk setengah lingkaran yang rata-rata tingginya sekitar dua meter itu kecuali beberapa rongga yang memaksa para pengunjung membungkuk untuk melewatinya. Gua ini panjang sebenarnya satu setengah kilometer, sekarang hanya sekitar 750 meter. Gua Jepang itu terbagi dalam beberapa kamar. Mulai dari lorong untuk rapat mereka, tempat makan hingga kamar para tahanan yang orang Indonesia. Ada 12 barak militer, 12 tempat tidur, 6 buah ruang amunisi, dua ruang makan romusha dan satu ruang sidang. Yang unik adalah, karena lorong gua ini punya beberapa saluran untuk ke atas tanah, beberapa lorong dipakai sebagai lorong penyergapan dan pengintaian bagi para penduduk Indonesia yang kebetulan melintasi daerah itu pada masa perang.

8. Istana Pagaruyung


"objek wisata istana pagaruyung sumatera barat"

Objek Wisata Istana Pagaruyung Sumatera Barat

Istano Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas dengan jarak sekitar 5 kilometer dari Kota Batusangkar. Sementara dari ibukota propinsi Sumatera Barat berjarak sekitar 105 kilometer. Istano Pagaruyung merupakan objek wisata andalan Kabupaten Tanah Datar.  Disamping itu, Istano Pagaruyung juga merupakan salah satu “icon” pariwisata Propinsi Sumatera Barat.Bangunan Istana Pagaruyung ini berbentuk rumah adat minang atau yang sering dikenal dengan sebutan “rumah gadang” dengan ukuran yang sangat besar dan atapnya berbentuk tanduk kerbau yang melengkung meruncing keatas.
Bangunan ini terdiri atas 11 gonjong, 72 tonggak, dan 3 lantai. Eksterior dan interiornya dilengkapi dengan beragam ukiran yang tiap-tiap bentuk dan warna ukirannya mempunyai falsafah sejarah dan budaya Minangkabau. Sementara di ruang tengah dipamerkan berbagai benda bersejarah seperti keramik peninggalan kerajaan Pagaruyung dan berbagai benda kerajinan tangan dari Minang. Uniknya, semua tonggak yang menyangga bangunan ini dibuat miring yang tentunya agak bertentangan dengan teori arsitektur yang ada tapi tidak mengurangi kekokohan bangunan itu sendiri. Selain itu, di bagian halamannya, bangunan istana ini juga dilengkapi dengan bangunan surau, “rangkiang” (yang berfungsi sebagai tempat penyimpan hasil panen), serta “tabuah” (untuk memanggil warga).

9. Lembah Anai


"objek wisata di sumatera barat"

"objek wisata air terjun lembah anai sumatera barat"

Objek Wisata Lembah Anai Sumatera Barat

Salah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, tepatnya di Nagarai Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 38 km dari arah Batusangkar. Ini adalah kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai yang di tetapkan semenjak kolonial Belanda.

Sebelum sampai ke lokasi Lembah Anai, dari kota Padang maupun kota Bukittinggi, kamu akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sisi jalan banyak ditumbuhi pepohonan yang tampak lembah dan bukit menghijau, tak jarang kamu akan melihat monyet-monyet berkeliaran.

Cagar Alam Lembah Anai adalah kawasan hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, kawasan ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Keindahan alam serta flora dan fauna yang langka adalah daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu air terjun tersebut berada di pinggir jalan, sedangkan dua diantaranya masih tertutup oleh rerimbunan pohon yang lebat namun masih bisa di jangkau sekitar 15 menit perjalanan dari air terjun Lembah Anai, selain itu jika kamu ingin pergi ke telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.

10. Ngalau Indah
 

Dua km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi kita akan sampai ke sebuah gua alam dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langit gua yang cukup menarik. Di dalam gua ini kita akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan di sekitar kita dan merasakannya tanpa dapat melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan dan keindahan alam. 

11. Lembah Harau

Merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Disini juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.

12. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung yang senang petualangan alam. 

13. Kawasan Bukit Langkisau
Bukit Langkisau memiliki ketinggian 1.000 kaki yang terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan. Selain dapat menikmati pemandangan yang memukau ke laut lepas, kawasan bukit langkisau juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido.
 



14. Selancar dan Wisata Pantai di Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat – Sipora berada lebih kurang 135 km dari Kota Padang dapat dicapai melalui laut dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata atraksi atau bahari yang terkenal adalah kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan

15. Jembatan Akar Pesisir Selatan

Terletak sekitar 30 menit dari Painan, Jembatan Akar merupakan salah satu objek wisata paling unik di Sumatera Barat. Jembatan hidup yang melintasi sungai Bayang ini terbuat dari akar dua bohon beringin yang saling bertautan. Berbeda dengan jembatan pada umumnya yang semakin lama semakin lemah, jembatan akar dengan bertambah usianya pohon beringin semakin bertambah kuat. Konon jembatan ini di desain oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan pada awal 1900 an.

16. Anai Resort Golf Course
 

Anai Resort terletak 550 m di atas permukaan laut. Merupakan Golf Course terbaik di Sumatera Barat yang berstatus Internasional dengan 18 hole, dirancang oleh Designer Lapangan Golf International Thomas dan Perret. Berbagai fasilitas terdapat di lokasi bungalow seperti kolam renang alami dan restoran.
BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aprudin, S.Pd.I

Foto saya
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
"Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu, dan bersyukurlah karena orang yang selalu menemukan alasan untuk bersyukur adalah orang yang jauh lebih kuat dari pada orang yang selalu mencari alasan ‘tuk mengeluh". ""el éxito siempre estará con nosotros"