|
|
1. Jepang
Kereta: JR-Maglev MLX01
Kecepatan: 361 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jepang adalah pemimpin dunia
ketika datang ke kereta api berkecepatan tinggi, membuka modern
pertama di dunia rel kecepatan tinggi pada tahun 1964. Jepang
pertama membuat terobosan di lapangan ketika mereka memperkenalkan
seri pertama dari Shinkansen Tokaido "kereta peluru," yang dapat
mencapai kecepatan puncak 130 mph. Kereta api peluru awal membawa
lebih dari 100 juta penumpang hanya dalam tiga tahun pertama.
Saat
ini, kereta api masih beroperasi di jalur rel tersibuk di dunia,
membawa 378.000 penumpang sehari. Kereta maglev juga telah dikembangkan
di Jepang sejak tahun 1970-an. Pemerintah telah menyetujui rencana
untuk sebuah proyek $ 112.400.000.000 untuk membangun jalur kereta
Maglev antara Tokyo, Nagoya, dan Osaka, dengan tanggal
penyelesaian 2027. Berkecepatan tinggi ini direncanakan kereta
diharapkan untuk memotong waktu perjalanan saat ini antara Tokyo
dan Osaka dari dua jam dan 18 menit pada Shinkansen hanya lebih
dari satu jam. Saat ini, JR-Maglev eksperimental MLXO1 dianggap
kereta tercepat di dunia, dengan kecepatan 361 mph atas dalam uji
coba pada tahun 2003.
2. Prancis
Kereta: TGV V150
Kecepatan: 357 mph
Kapasitas: Eksperimental
Prancis melaju di depan seluruh Eropa dalam lomba untuk membangun berfungsi penuh pertama kecepatan tinggi jaringan kereta api.
Alstom pertama kali
dikembangkan kereta TGV menghantam trek pada tahun 1981, dengan
layanan antara Paris dan Lyon. Sejak itu, jaringan ini telah
diperluas untuk layanan 150 tujuan di Perancis dan negara-negara
tetangga.
Terbatas pada kecepatan hingga 200 mph
selama pelayanan normal, TGV V150 eksperimental mencapai kecepatan
357 mph rekor pada 2007-membuat kereta tercepat kedua di dunia.
Kecepatan tinggi teknologi TGV yang digunakan dalam kereta api
nasional di banyak negara Eropa termasuk Inggris, Belgia, Belanda,
dan Jerman. Bulan lalu, kereta api Alstom pembuat Perancis
menandatangani kesepakatan awal untuk membangun jalur rel kecepatan
tinggi di Irak menghubungkan kota-kota Baghdad dan Basra.
3. Cina
Kereta: CRH380AL
Kecepatan: 302 mph
Kapasitas: 600 penumpang
Cina telah terpanjang di dunia jaringan berkecepatan tinggi kereta api dengan lebih dari 6.000 kilometer dari rute dalam pelayanan.
Hal ini juga
menawarkan rute rel kecepatan tinggi terpanjang, dengan pembukaan
Beijing-Shanghai lini awal bulan ini. Rute 819 mil dibuat
menggunakan 60 juta meter kubik beton, dua kali jumlah yang digunakan
dalam Bendungan Tiga Ngarai. Sementara kereta CRH380AL beroperasi
pada kecepatan 186 mph, kereta mencapai kecepatan 302 mph rekor
dalam uji coba. China pertama berkecepatan tinggi baris, yang dibuka
pada tahun 2007, 40,6 juta penumpang melihat perjalanan itu hanya
dalam dua tahun pertama. Pemerintah berharap untuk meregangkan
berkembang pesat Cina jaringan berkecepatan tinggi untuk 28.000 mil
pada akhir 2015.
4. Jerman
Kereta: Transrapid TR-07
Kecepatan: 270,3 mph
Kapasitas: Eksperimental
Jerman adalah sebuah bangsa yang telah di garis depan kecepatan tinggi teknologi rel.
Ini rumah untuk Siemens, produsen terbesar di dunia kereta api
berkecepatan tinggi. Perusahaan Jerman Siemens dan ThyssenKrupp telah
mengembangkan sistem Transrapid, berkecepatan tinggi kereta api
monorel beroperasi pada levitasi magnetik (maglev) teknologi, yang
dapat mencapai kecepatan 311 mph. Pada tahun 2004, kereta Maglev
Shanghai di China adalah kereta Transrapid komersial pertama untuk
mengangkut penumpang, memukul kecepatan 267 mph.
Meskipun
kereta api levitasi magnetik dikembangkan di Jerman, mereka tidak
pernah digunakan secara komersial di negara ini. Teknologi ini
telah menghadapi beberapa kemunduran, termasuk biaya tinggi dan
kecelakaan yang menewaskan 25 orang selama uji coba pada 2006.
Sebaliknya, InterCityExpress (ICE) sistem telah diadopsi secara
nasional sejak 1991. Ini kereta api berkecepatan tinggi menghantam
kecepatan 199 mph dan menghubungkan kota-kota Jerman dengan
kota-kota di Swiss, Austria, Belgia dan Belanda. Sebuah kereta ICE
bencana dekat desa Jerman Eschede pada tahun 1998 dianggap paling
mematikan di dunia kecepatan tinggi kecelakaan kereta api,
menyebabkan kematian 101 orang.
5. Spanyol
Kereta: AVE Kelas 103
Kecepatan: 251 mph
Kapasitas: 404 penumpang
Spanyol memiliki jaringan rel kecepatan tinggi terpanjang di Eropa,
dengan 3.433 mil dari trek. Dengan enam berkecepatan tinggi dan
beberapa jalur kereta bawah konstruksi, pemerintah Spanyol bertujuan
untuk memiliki 90 persen dari penduduknya yang berjarak 31
kilometer dari stasiun berkecepatan tinggi pada tahun 2020. Kereta
api negara tercepat adalah seri AVE, yang diproduksi oleh pembuat
kereta api, termasuk Siemens, Alstom dan Bombardier.
Para
AVE Siemens buatan Kelas 103 kereta mulai layanan komersial pada
tahun 2007, dan mencapai kecepatan 251 mph catatan selama tes
berjalan antara Madrid dan Zaragoza. Kecepatan puncak maksimum untuk
kereta api komersial di Spanyol terbatas pada 186 mph untuk
keselamatan penumpang. Euro-zona krisis utang dan rencana
penghematan Portugal telah menghentikan rencana ekspansi besar, yang
akan telah menghubungkan ibukota Spanyol Madrid dengan Lisbon di
Portugal. Hubungan kereta berkecepatan tinggi akan memotong waktu
perjalanan antara dua kota hingga dua jam dan 45 menit bukan sembilan
jam saat.
6. Italia
Kereta: ETR 500 Frecciarossa
Top Speed: 225 mph
Kapasitas: 590 penumpang
Salah satu pionir awal Eropa kecepatan tinggi teknologi rel,
Italia adalah rumah bagi baris pertama Eropa kereta berkecepatan
tinggi. Florence-Roma garis kecepatan tinggi membuat sejarah ketika
lebih dari setengah dari seluruh panjang-yang pertama 86 mil dari
Roma ke Citta della Pieve dibuka pada tahun 1977.
Kereta
di trek mencapai kecepatan maksimum 160 mph. Sejak itu, jaringan
berkecepatan tinggi kereta api negara itu telah tumbuh secara
substansial, dengan kecepatan tinggi mencapai garis utara sejauh
Torino ke selatan sejauh Napoli. Italia buatan ETR 500 adalah seri
kereta tercepat di negeri ini, dengan yang ETR 500 Y1 Model memukul
kecepatan hingga 225 mph pada tahun 2009 dalam perjalanan antara
Florence dan Bologna. Tidak semua orang senang dengan kemajuan,
namun.
Awal bulan ini, lebih
dari 200 orang terluka dalam unjuk rasa menentang pembangunan
sebuah terowongan 36 kilometer yang direncanakan di utara Susa
lembah yang akan memotong tiga jam dari tujuh jam perjalanan kereta
saat ini antara Paris dan Milan. Pengunjuk rasa mengatakan garis
berkecepatan tinggi akan merusak daerah dan konstruksi dapat
melepaskan bahan kimia berbahaya.
7. Britania Raya
Kereta: Eurostar 3313/14
Top Speed: 208 mph
Kapasitas: 750 penumpang
Eurostar telah mengubah cara Eropa Barat perjalanan.
Sejak mulai beroperasi pada 1994, yang berbasis di London jaringan
berkecepatan tinggi kereta api menghubungkan Inggris dengan
kota-kota di Perancis dan Belgia melalui terowongan bawah tanah di
Selat Inggris, sering disebut sebagai Dengan kereta api dan 27 link
ke lebih dari "Chunnel." 100 destinasi di seluruh Eropa, jaringan
ditandai 100 juta penumpang pada bulan Agustus 2009. Jalur rel
membawa penumpang dengan kecepatan hingga 186 mph.
Para
3313/14 Eurostar memecahkan rekor kereta api Inggris ditetapkan
pada tahun 1979 dengan mencapai kecepatan 208 mph pada tahun 2003.
Jaringan kereta api baru-baru ini dibawa ke pengadilan oleh pembuat
kereta Perancis Alstom atas keputusan untuk memberikan kontrak $
600 juta untuk 10 kereta api baru untuk pembangun Jerman Siemens.
Namun, pengadilan Inggris menolak aplikasi untuk memiliki kontrak
ditangguhkan. Alstom adalah kedua terbesar di dunia pembuat kereta dan
pemasok semua kereta Eurostar yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar